Senin, 21 Okt 2019
  • Home
  • Headlines
  • Pesawat Airbus Garuda Indonesia Tujuan Solo Mendarat Kembali di KNIA

Diduga Akibat Gangguan Teknis

Pesawat Airbus Garuda Indonesia Tujuan Solo Mendarat Kembali di KNIA

admin Minggu, 15 September 2019 11:12 WIB
Ilustrasi
Kualanamu (SIB) -Pesawat Airbus A-330 Garuda Indonesia nomor penerbangan GA-6288 tujuan Solo dari Madinah Arab Saudi melalui Airport Kualanamu Deliserdang, Jumat (13/9) malam mendarat kembali (RTB) sekira pukul 19.35 WIB di Bandara Kualanamu. Akibatnya sejumlah penerbangan rute internasional dan domestik baik berangkat maupun datang di airport itu mengalami 'delay' panjang.

Pesawat Airbus Garuda Indonesia GA-6288 itu dari Madinah dengan membawa ratusan jemaah haji itu usai mengisi bahan bakar di Airport Kualanamu pukul 19.15 WIB berangkat lagi melanjutkan perjalanannya menuju Bandara Adi Sumarno Solo.

Setelah mengudara selama 20 menit, pesawat Garuda Indonesia itu enginenya diduga mengalami gangguan teknis (technical reasont).

Kapten Pilot pesawat itu setelah mendapat info engine Garuda yang dikemudikannya itu diduga mengalami gangguan memutuskan memutar balik pesawatnya di Airport Kualanamu Deliserdang.

Petugas ATC Tower Airport Kualanamu mengontak dan menuntun agar Garuda Indonesia GA-6288 itu mendarat dengan selamat di KNIA.

Branch Communication and Legal Manager PT Angkasa Pura II Airport Kualanamu Wisnu Budi Setianto ketika dikonfirmasi SIB Jumat malam melalui telepon membenarkan peristiwa Airbus Garuda GA-6288 membawa ratusan jemaah haji tujuan Solo dari Madinah Arab Saudi itu mendarat kembali di Airport Kualanamu Deliserdang.

"Benar usai Garuda GA-6288 tujuan Solo itu mengisi bahan bakar dan terbang beberapa menit mengudara, pesawat itu mendarat kembali di Bandara Kualanamu karena enginenya diduga mengalami gangguan teknis," papar Wisnu menjawab SIB, Jumat (13/9) malam.

Bandara Kualanamu dibuka kembali setelah Airbus Garuda GA-6288 tujuan Solo itu ditarik dari runway ke Apron dekat Terminal Kargo Bandara Kualanamu.

Para jemaah haji tampak bertahan berjam-jam di perut Garuda GA-6288. Setelah diperbaiki para teknisinya, pesawat Garuda GA-6288 itu melanjutkan perjalanannya menuju Bandara Adi Sumarno Solo. Pantauan SIB, akibat Airbus Garuda tujuan Solo itu mendarat kembali di KNIA, sejumlah penerbangan rute internasional dan domestik baik berangkat maupun datang terganggu.

Pesawat SilkAir nomor penerbangan MI-238 rute Singapura-Medan yang sempat berputar-putar di kawasan udara Medan dan sekitarnya terpaksa mendarat kembali di Singapura. Demikian juga Air Asia QZ-8075 rute Yogyakarta-Medan yang sempat berputar-putar di udara kawasan Medan sekitarnya terpaksa mendarat di Penang Malaysia. Pesawat Air Asia ini seharusnya mendarat di KNIA pukul 19.15 WIB delay menjadi pukul 21.45 WIB.

Pesawat SilkAir itu seharusnya mendarat di KNIA pada pukul 19.20 WIB "delay" panjang menjadi pukul 23.00 WIB. Sebaliknya SilkAir MI-237 itu seharusnya berangkat dari KNIA ke Singapura pada pukul 20.05 WIB "delay" panjang menjadi pukul 23.45 WIB. (M22/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments