Jumat, 22 Nov 2019
  • Home
  • Headlines
  • Peran Kodim Dibutuhkan Memerangi Narkoba dan Begal di Medan

Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga Audiensi ke Harian SIB

Peran Kodim Dibutuhkan Memerangi Narkoba dan Begal di Medan

admin Jumat, 23 Agustus 2019 10:59 WIB
SIB/Horas Pasaribu
AUDIENSI : Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga didampingi Pasi Intel Mayor CZI Andri PW dan Danramil 05/MB Kapten Arm Edi Hutabarat, foto bersama Penanggungjawab Harian SIB Drs Victor Siahaan SH dan Kepala Biro Redaksi Medan, Martohap Simarsoit, saat beraudiensi ke Redaksi SIB, di Medan, Rabu (21/8).
Medan (SIB) -Komandan Kodim (Dandim) 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga bersama Pasi Intel Kodim 0201/BS Mayor Czi Andri PW didampingi Komandan Koramil (Danramil) 05/MB Kapten Arm Edi Hutabarat beraudiensi ke Kantor Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) Jalan Brigjen Katamso Medan, Rabu (21/8). Kedatangan Dandim itu diterima Penanggungjawab Harian SIB Drs Victor Siahaan SH MH dan Kepala Biro Redaksi Medan, Martohap Simarsoit SH, mewakili Pemimpin Redaksi GM Immanuel Panggabean BBA.

Dalam audiensi itu, Victor Siahaan mengakui masyarakat Kota Medan banyak yang simpatik dengan Kodim. "Karena dapat menyelesaikan beberapa masalah masyarakat," ujar dia.

Ia menyebutkan, peran TNI khususnya Kodim 0201/BS sangat dibutuhkan dalam memerangi narkoba yang saat ini sangat marak. "Polisi saja bisa kewalahan. Lihat saja, ada Kapolsek yang menjadi korban amukan para bandar narkoba. Di sinilah kiranya Dandim dapat jadi hunter. Kalau bisa ikut melakukan pemberantasan narkoba," ujar dia.

Bukan hanya marak narkoba, masyarakat Kota Medan juga merasakan ketidaknyamanan dengan aksi begal. Untuk itu, Victor berharap agar Kodim 0201/BS ikut melakukan patroli membantu tugas polisi dengan mengendarai sepedamotor demi terciptanya kondusifitas Kota Medan.

Sementara itu, Roy Hansen Sinaga berkomitmen akan ikut serta dalam memerangi narkoba yang semakin terus marak di Kota Medan. "Penertiban kasus narkoba ini hal yang luar biasa. Tidak bisa hanya aparat saja melainkan perlunya kerja sama dengan seluruh elemen masyarakat," kata dia menyikapi masukan Victor.

Pria kelahiran Belawan ini menyebutkan, Kodim sendiri sudah pernah berkoordinasi dengan pihak BNN untuk melakukan program gebrakan memerangi narkoba. "Nanti polanya akan kita lakukan," kata mantan Kapendam I/BB itu.

Roy juga menyebutkan, tentang maraknya aksi begal di Kota Medan, dirinya telah memiliki program akan meningkatkan patroli dengan menggunakan sepedamotor trail. "Kita ada lakukan patroli tapi jamnya diacak, terkadang pagi dan malam," kata dia.

Walaupun demikian, dirinya akan meminta persetujuan lagi dengan pimpinan dalam meningkatkan patroli demi kenyamanan masyarakat Kota Medan. "Kita juga tidak mau kerja sendiri, kita mau merangkul instansi lain. Seperti lurah yang dapat memberi informasi kepada kita," ujar dia.

Peran TNI dalam memerangi narkoba dan aksi begal, Dandim mengakui sudah ada dilakukan sebelumnya. Namun, kata dia, kegiatan itu jarang terekspos.

TNI, khususnya Kodim 0201/BS, juga sudah ikut mendukung program pemerintah yakni normalisasi sungai-sungai yang ada di Kota Medan. "Kita sudah sosialisasi kepada masyarakat bahwa di bantaran sungai tidak boleh ada bangunan," sebut pria yang pernah menjabat Dandim Langkat dan Binjai itu.

Untuk ke depannya, sebut dia, Kodim akan terus menjalin kerja sama dan silaturahmi dengan media, khususnya Harian SIB. "Kegiatan kita sangat butuh dipublikasikan. Kita juga mau minta masukan dari media. Saya sudah tahu lama dengan Harian SIB," kata Roy.

Sementara itu, Danramil 05/MB Kapten Arm Edi Hutabarat menyampaikan, pihaknya telah ketemu dengan beberapa mahasiswa dari Papua. Dalam pertemuan itu, pihaknya mengatakan kepada para mahasiswa kalau mereka tetap aman di Kota Medan.
"Kita sampaikan juga kepada mereka kalau ada masalah segera melapor ke Koramil atau Kodim," kata Hutabarat. (M18/f)
T#gs Kolonel Inf Roy Hansen SinagaDandim 0201/BS
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments