Sabtu, 23 Nov 2019
  • Home
  • Headlines
  • Perampok Jarah 1 Kg Emas dari Toko Karo-karo Padang Bulan Medan

Perampok Jarah 1 Kg Emas dari Toko Karo-karo Padang Bulan Medan

Selasa, 04 Maret 2014 09:42 WIB
Sib/int
Toko Emas Karo-karo di Padang Bulan Medan yang digasak perampok
Medan (SIB)- Toko emas “ Karo-Karo S” di Pasar Sore Jalan Djamin Ginting Padang Bulan  Medan, dijarah kawanan perampok,Senin (3/3/2014) . Selain perhiasan emas dan berlian seberat 1 Kg, para pelaku juga membawa kabur uang sekira Rp 50 juta yang disimpan di dalam brankas .

Peristiwa yang  menghebohkan warga itu diketahui pertama sekali oleh istri pemilik toko emas. Pagi itu sekitar pukul 09.00 WIB Santa Maria br Simbiring (43) hendak membuka usahanya. Namun setelah kunci gembok dibuka dari luar ternyata pintu toko tidak bisa dibuka karena ada yang mengganjal dari dalam.

Tak lama kemudian setelah pintu dibuka paksa, ternyata brankas yang menempel di dinding tempat perhiasan emas,berlian serta uang yang disimpan sudah dirusak kawanan pencuri. Alangkah terkejutnya wanita itu saat menyaksikan perhiasan dan uang tidak berada lagi di dalam brankas . Santa langsung menghubungi suaminya, Usaha Sinulingga (48).

“Kejadiannya sekitar pukul 09.00. Saat itu saya mau buka pintu namun pintu sulit dibuka karena ada yang mengganjal  dari dalam . Saya juga sudah curiga sejak pintu susah dibuka,” ujar Santa Maria  kepada wartawan .

Menurutnya, setelah pintu dibuka dia melihat brankas sudah rusak dan seluruh perhiasan serta uang yang disimpan di dalamnya sudah tidak ada lagi . Ruangan toko emas miliknya sudah terlihat acak-acakan . Atap seng dan plapon terbuat dari besi  sudah jebol.

Bahkan di dalam ruangan tersebut dia menemukan satu linggis, obeng serta satu unit tabung gas dan alat las. Alat tersebut  diduga dipergunakan para pelaku untuk membongkar brankas.

“Kalau dihitung-hitung kerugiannya sekitar Rp 1 miliar lebih ditambah lagi uang sekitar Rp.50 juta yang ada di dalam brankas ,” ujarnya.

Sementara itu Kapolresta Medan Kombes Nico Avinta Karo-karo didampingi Kapolsek Medan Baru Kompol Nasrun Pasaribu kepada wartawan mengatakan, dari hasil penyelidikan sementara pelaku melakukan aksinya pada malam hari saat pemilik toko pulang ke rumahnya. “Saat ini saksi-saksi sudah kita mintai keterangannya termasuk pemilik toko dan penjaga malam”, katanya.

Nico menambahkan, setelah Tim Identifikasi Polresta Medan melakukan olah TKP, ditemukan barang bukti berupa linggis, obeng dan tabung gas serta alat las didekat brankas. " Kuat dugaan alat tersebut dipergunakan para pelaku untuk merusak brankas,” tegasnya.

Para pelaku yang lebih dari satu orang, masuk ke Toko Emas “ Karo-Karo S” tersebut  dengan cara merusak teralis besi. "Berdasarkan  olah TKP yang dilakukan , ada lubang di langit-langit. Pelaku diduga masuk setelah merusak teralis, membuka brankas dengan alat las," ungkapnya kembali.

Dari hasil pemeriksaan sementara tim penyidiik, pemilik toko mengaku mengalami kerugian sekitar Rp.1 miliar lebih. “Kalau berapa berat perhiasan yang dibawa kabur pelaku belum dapat dipastikan karena masih dalam penyelidikan,” ujarnya sambil meninggalkan wartawan. (A15/c)
 
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments