Minggu, 18 Agu 2019
  • Home
  • Headlines
  • Pengamat: Serapan Anggaran Pemko Medan Rendah Akibat Banyak Kepala OPD Tidak Ahli di Bidangnya

Pengamat: Serapan Anggaran Pemko Medan Rendah Akibat Banyak Kepala OPD Tidak Ahli di Bidangnya

admin Jumat, 12 Juli 2019 09:51 WIB
Masdin Efendi Girsang
Medan (SIB) -Rendahnya serapan anggaran yang dialokasikan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) jajaran Pemko Medan akibat para kepala OPD kurang maksimal di instansi masing-masing. Penyebabnya antara lain, ada kepala dinas yang ditempatkan tidak sesuai dengan keahliannya, sehingga dia tidak mampu mengelola instansi yang dipimpinnya.

Hal itu dikatakan Pengamat Ekonomi Dr Ir Masdin Efendi Girsang MSi kepada SIB, Kamis (11/7) ketika dimintai tanggapannya tentang rendahnya serapan anggaran OPD di Pemko Medan.

"Karena itu Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi seharusnya menempatkan pejabat di OPD Pemko Medan benar-benar ahli dalam bidangnya. Tempatkanlah pimpinan OPD yang benar-benar menguasai bukan karena titipan Parpol, Ormas atau yang lainnya sehingga kinerja OPD jalan ditempat," katanya.

Dijelaskan, kalau pemimpin OPD bukan ahlinya, maka program yang dikerjakan di instansi tersebut tidak dapat mendukung pembangunan Kota Medan dan tidak mampu menambah PAD.

Karena itu, Masdin Girsang mengingatkan Wali Kota Medan agar menyeleksi jabatan eselon II Pimpinan OPD Pemko Medan dengan cerdas dan jangan ada dugaan bahwa seleksi itu hanya formalitas.

Seperti diberitakan sebelumnya, anggota DPRD Medan yang duduk di panitia khusus (Pansus) Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Wali Kota Medan bingung melihat rendahnya serapan anggaran di semua instansi atau OPD. Rata-rata 47-50 persen, kondisi itu dibarengi juga dengan rendahnya pendapatan asli daerah (PAD).

"Di bawah normatif serapan anggaran di seluruh OPD Pemko Medan, berarti banyak yang tidak kreatif di jajaran Pemko sehingga kesannya hanya mencari aman. Yang penting aman dari pemeriksaan BPK, kondisi seperti ini membuat pembangunan jalan di tempat," anggota Pansus Maruli Tua Tarigan pada rapat Pansus dipimpin Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung didampingi Wakil Ketua Iswanda Ramli.

Menurut dia, OPD Pemko melakukan efisiensi anggaran bukan karena menghemat pengeluaran demi mengerjakan pekerjaan yang maksimal. Tapi efisiensi yang dilakukan adalah, tidak melakukan apa-apa sehingga anggaran jadi sisa. (M12/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments