Senin, 16 Des 2019
  • Home
  • Headlines
  • Pemprov Sumut Diminta Perbaiki Jalan Menuju Objek Wisata Danau Toba Tigaras

Pemprov Sumut Diminta Perbaiki Jalan Menuju Objek Wisata Danau Toba Tigaras

redaksi Selasa, 03 Desember 2019 14:44 WIB
SIB/Revado Marpaung
RUSAK PARAH : Jalan provinsi Simpang Raya-Sipintuangin Kabupaten Simalungun rusak parah. Sehingga arus lalu lintas menuju objek wisata Danau Toba Tigaras terganggu, Senin (2/12).
Simalungun (SIB)
Jalan provinsi menuju Danau Toba melalui Simpang Raya-Sipintuangin Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun rusak parah. Akibatnya arus lalu lintas menjadi terganggu.

Amatan SIB Senin (2/12), di sepanjang jalan menuju Danau Toba melewati Simpang Raya-Sipintuangin sangat memprihatinkan. Banyak lubang besar kecil menghiasi badan jalan. Sehingga arus lalu lintas di daerah tersebut menjadi lambat karena sulit dilintasi.

Informasi dihimpun SIB, status Jalan Simpang Raya-Tigaras sudah menjadi Jalan Provinsi sebagaimana tertuang dalam Keputusan Gubernur Sumatera Utara No 188.44/673/KPTS/2018 tentang penetapan ruas jalan menurut statusnya sebagai jalan di Provinsi Sumatera Utara tertanggal 8 Juni 2018 dengan panjang 30,18 kilometer dari Simpang Raya-Sipintuangin-Pelabuhan Tigaras.

Wakil Ketua LSM Pijar Keadilan Simalungun Risdon Naibaho yang juga tinggal di pinggiran jalan Simpang Raya-Sipintuangin mengatakan, puluhan tahun kondisi jalan itu sudah sangat memprihatinkan. Padahal jalan itu salah satu jalan alternatif dari arah simpang dua melalui Panei Tongah menuju Danau Toba Tigaras.

Oleh karena itu, Risdon meminta Pemprov Sumut bergerak cepat untuk memperbaiki jalan Simpang Raya-Sipintuangin lebih kurang 20 kilometer. Mengingat jalan ini salah satu jalan alternatif menuju objek wisata Danau Toba Tigaras. Apalagi pemerintah pusat telah fokus untuk menjadikan Danau Toba menjadi destinasi unggulan di Indonesia yang diakui dunia. Sudah seharusnya memperhatikan kondisi jalan menuju wisata tersebut. Sebab salah satu pendukung untuk memajukan sektor pariwisata adalah jalan yang baik.

"Kalau jalan menuju wisata tersebut masih rusak dan sulit dilalui kendaraan, objek wisata itu diyakini akan sulit berkembang," paparnya.

Sementara itu, Jeriko salah seorang sopir angkutan CAS yang kerap melintasi jalan itu mengatakan, kerusakan jalan itu sudah dirasakan selama puluhan tahun. Namun hingga saat ini belum juga diperbaiki. Padahal, kalau untuk mengantar penumpang menuju Danau Toba Tigaras, pihaknya lebih memilih melewati jalan Simpang Raya-Sipintuangin-Pelabuhan Tigaras.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar Pemprov Sumut bergerak cepat untuk memperbaiki jalan menuju objek wisata Danau Toba Tigaras. (S13/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments