Kamis, 16 Jul 2020
  • Home
  • Headlines
  • Pemkab Deli Serdang Galakkan Padat Karya Perbaiki Infrastruktur di Tengah Pandemi

Pemkab Deli Serdang Galakkan Padat Karya Perbaiki Infrastruktur di Tengah Pandemi

Selasa, 02 Juni 2020 21:44 WIB
Foto Dok/Kominfo Deli Serdang

GUNTING PITA : Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan didampingi Kadis PUPR, Heriansyah Siregar dan lainnya meresmikan jalan dengan pengguntingan pita di Bangunpurba, Sabtu (15/2). 


Dalam upaya menata kecamatandan perkotaan, Pemkab Deli Serdang yang dipimpin Bupati H Ashari Tambunan dan Wabup HMA Yusuf Siregar memprogramkan perbaikan infrastruktur secara padat karya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi masyarakat. Hal itu sesuai visi menjadikan Deli Serdang yang maju dan sejahteradengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.

Meski suasana di tengah pandemi Covid-19, tidak membuatPemkab Deli Serdang lengah untuk menumbuhkan ekonomi masyarakatnya. Padat karya atau memberdayakan masyarakat salah satu cara digunakan untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang rusak dan drainase yang buruk.

Masyarakat yang diberdayakanPemkab Deli Serdang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) itu terbagi dalam 22 kecamatan dikoordinir 6 Unit Pelaksana Teknis (UPT). Mulai dari jalan rusak, pembersihan dan perbaikan
gorong-gorong, drainase yang rusak, pembersihan tanamanatau semak-semak yang menutupi ruas jalan kabupaten.

Padat karya, tentu secara otomatis akan membantu perekonomianmasyarakat. Upah harian atau mingguan yang didapatkan tentunya akan menambahpenghasilan untuk dibawa ke rumah. Dengan demikian dalam suasana sulit dalam pandemi Corona, sedikit membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Hasil pekerjaan padat karya tentu akan dirasakan masyarakatDeli Serdang. Aktivitas akan berjalan lancar, kesehatan dan kenyamanan juga akan turutdirasakan. Perekonomian masyarakat yang digalakkan Pemkab Deli Serdang dapat meningkat
walau dalam suasana pandemi Corona.

Sebenarnya Pemkab Deli Serdang sudah merencanakan pembangunan dan rehabilitasi jalan dan jembatan serta perbaikan
jembatan di 6 UPT. Namun karena realokasi anggaran untuk penanganan dan penyebaran Covid-19, rencana itu ada yang sebagian dikerjakan dan sebagianlagi ditunda pengerjaannya akibat keterbatasan anggaran.

Sekedar diketahui untuk tahun2020, Dinas PUPR Deli Serdang merencanakan akan melakukan pembangunan jalan sepanjang 82,03 Km. Pembangunanjembatan 517 meter. Rehabilitasi jalan sepanjang 127,65 Km dan 1,5 Km untuk rehabilitasi jembatan. Rehabilitasiatau pemeliharaan jaringan irigasi untuk 1.550 hektare, peningkatanjaringan irigasi untuk 530 hektare dan pembangunan jalan dan jembatan perdesaan sepanjang 28,01 Km.

Rencana pembangunan danrehabilitasi terbagi dalam 6 Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang terangkum dalam 22 kecamatan di Deliserdang. UPT wilayah I yaitu Kecamatan Hamparanperak,Labuhandeli dan KecamatanSunggal. UPT wilayah II yaitu Kecamatan Batangkuis, Percut Seituan dan Tanjungmorawa.UPT wilayah III KecamatanBeringin, Lubukpakam, Pagarmerbau dan Pantailabu. UPT wilayah IV yaitu Kecamatan Bangunpurba, Gunungmeriah, STM Hilir dan STM Hulu. UPT wilayah V Kecamatan Birubiru, Delitua, Namorambe dan Patumbak.UPT wilayah VI Kecamatan Kutalimbaru, Pancurbatu dan Sibolangit.
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments