Senin, 21 Sep 2020
  • Home
  • Headlines
  • Pembangunan Sumut Sport Center Berbiaya Rp 8,6 T Dimulai

Pembangunan Sumut Sport Center Berbiaya Rp 8,6 T Dimulai

* Gubernur Edy Tekankan Kemaslahatan Pembangunan Berkepanjangan
Sabtu, 15 Agustus 2020 22:36 WIB
Foto Dok/Humas Pemprov Sumut
Memanah : Pembangunan Kawasan Olahraga Terpadu Sumut Sport Center resmi dimulai. Ditandai dengan atraksi memanah oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama dengan Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Jumat (14/8) sore, di Desa Sena Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang. 
Deli Serdang (SIB)
Pembangunan Kawasan Olahraga Terpadu Sumut Sport Center resmi dimulai. Ditandai dengan atraksi memanah oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama dengan Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Jumat (14/8) sore, di Desa Sena Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang.

Dilanjutkan dengan peletakan batu pertama (Grounbreaking) oleh Gubernur Edy didampingi unsur Forkopimda Sumut, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan dan para tokoh agama. Diawali dengan doa bersama, Gubernur Edy lalu menumpahkan adukan semen ke dalam batu pondasi dan disambut dengan tepuk tangan dari tetamu yang menyaksikan.

Sebelumnya, dalam sambutan pembuka di podium, Gubernur Edy menekankan bahwa pembangunan kawasan akan memiliki kemaslahatan yang berkepanjangan. Bukan semata-mata untuk menyambut PON XXI/2024. Hal ini dibuktikan dengan perencanaan pembangunan infrastruktur dan sarana pendukung lainnya yang sarat dengan aktivitas produktif.

"Salah satunya Green Hospital atau rumah sakit bertaraf internasional dengan konsep pembangunan yang mengedepankan lingkungan yang kapasitasnya 5.000 ruangan. Sehingga masyarakat kita yang ingin berobat tak perlu lagi ke luar negeri, di mana per hari ada empat atau lima pesawat diperkirakan menuju Malaysia dan negara tetangga untuk berobat," ungkap Edy.

Selain itu, kawasan juga akan ditopang dengan pengadaan transportasi canggih MRT yang memudahkan untuk menjangkau lokasi. "Jadi tidak perlu khawatir, kawasan ini akan tetap hidup. Ada pusat perbelanjaan, taman bermain dan lainnya. Hari ini yang perlu kita lakukan adalah berdoa agar pembangunan berjalan lancar," ujarnya.

Menurut Gubernur, dana pembangunan kawasan Sport Center Sumut Bermartabat tersebut mencapai sekitar Rp 8,6 triliun yang bersumber dari bersumber dari APBD Sumut, APBN dan dana investasi dari investor. "Jadi ada investor melakukan investasi di sini, ada APBN, ada APBD yang kita lakukan untuk pembangunan sport center ini," katanya.

Sedangkan dari APBD Sumut, kata dia, sekitar Rp 2 triliun lebih, yang dialokasikan per tahun hingga tuntasnya pembangunannya yaitu tahun 2023 mendatang. Khusus untuk stadion sepakbola bertaraf internasional, membutuhkan dana hingga Rp 1,8 triliun. Juga rumah sakit bertaraf internasional yang juga akan dibangun di kawasan itu, menelan dana sekitar Rp 1,8 triliun.

Edy menyampaikan harapan terbesarnya agar Kawasan Olahraga Terpadu Sumut Sport Center bisa rampung pada tahun 2023. Mampu menjadi salah satu kebanggan Sumut khususnya untuk para generasi mendatang, menjadi fasilitas yang mendukung lahirnya atlet-atlet unggul Sumut dan mendukung kemajuan-kemajuan lainnya di Sumut.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumut Baharuddin Siagian menjelaskan bahwa Kawasan Olahraga Terpadu Sumut Sport Center dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 300 hektare yang memiliki lokasi strategis dekat Bandara Internasional Kualanamu, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi, Jalan Sultan Serdang dan jalur kereta api.

"Kawasan ini mengadopsi bentuk pohon kelapa sawit yang merupakan komoditas unggulan Sumut, serta gambaran identitas keanekaragaman suku dan budaya di Sumut, akan tergambarkan pada lanskap kawasan olahraga terpadu ini," terangnya.

Dilanjutkan Bahar, kawasan akan dibagi menjadi tiga zona. Zona olahraga, zona komersial dan zona pendukung lainnya. Selain menjadi sarana dan prasarana olahraga yang representatif berstandar internasional sebagai tempat pelaksanaan PON XXI/2024, kawasan juga diharapkan bisa menjadi tuan rumah SEA GAMES, Asian Games dan Olimpiade 2032.

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan atas nama pemerintah sekaligus masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa hormat kepada Gubernur Edy Rahmayadi atas kepedulian dan perhatian kepada kemajuan Sumut, khususnya masyarakat Deli Serdang. Pembangunan Kawasan Olahraga Terpadu Sumut Sport Center, menurut dia, akan memberikan dampak luar biasa untuk masyarakat setempat dan perekonomian Deli Serdang.

"Hari ini merupakan peristiwa bersejarah. Bapak akan selalu menjadi Gubernur yang kami kenang dan banggakan. Mudah-mudahan melalui pembangunan ini, cita-cita kita untuk menjadikan Sumut Bermartabat terwujud," katanya.

Adapun rangkaian acara Grounbreaking Kawasan Olahraga Terpadu Sport Center dimulai dengan pemberian santunan kepada anak yatim dari Desa Sena, kemudian dilanjutkan atraksi sepak bola dan karate dari atlet-atlet muda Sumut. Kemudian, memasuki acara puncak peresmian pembangunan dan diakhiri dengan foto bersama.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Sumut R Sabrina, Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi, Kabinda Sumut Brigjen TNI Ruruh Setyawibawa, Pangkosek Hanudnas III Medan Kolonel Pnb Esron SB Sinaga, Danlantamal I Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso, Komandan Lanud Soewondo Kolonel PNB JH Ginting, mewakili DPRD Sumut, mewakili Kajatisu, para bupati/walikota atau yang mewakili se-Sumut, para Direktur BUMD dan BUMN di Sumut, para Kepala OPD Sumut Provinsi Sumut, Ketua KONI Sumut dan tim pemenangan PON XXI serta para atlet.

Hadir juga mantan Sekdaprov Sumut Dr RE Nainggolan MM, JA Ferdinandus, Jadi Pane SPd, Sultan Serdang Achmad Thalaa Shariful Alam Shah, unsur Forkopimda Deli Serdang, para alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh olahraga, mewakili Kantor BPN Deli Serdang, para camat, kepala desa dan masyarakat Deli Serdang. (M11/f)

T#gs Gubernur EdyIrjen Pol Martuani SorminPembangunanSumut Sport Center
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments