Minggu, 08 Des 2019
  • Home
  • Headlines
  • Pdt Dr Robinson Butarbutar Ajak Pendeta HKBP Doakan Jemaat Gunakan Hak Pilih

Pdt Dr Robinson Butarbutar Ajak Pendeta HKBP Doakan Jemaat Gunakan Hak Pilih

* Umat Kristen Bertanggungjawab Memerankan Peranan Politisnya untuk Kemaslahatan Seluruh Warga Negara
admin Minggu, 31 Maret 2019 10:44 WIB
Pdt Dr Robinson Butarbutar
Medan(SIB)-Ketua Rapat Pendeta (KRP) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) mengimbau semua rekannya sesama pendeta agar mendoakan jemaatnya menggunakan hak pilih sebagai warga negara yang baik pada Pemilu, 17 April 2019 mendatang. Sebab pemilihan Presiden, Wakil Presiden dan para Wakil Rakyat tersebut sangat penting bagi negara Republik Indonesia dan kemaslahatan kehidupan rakyat yang semakin demokratis dan maju.

"Saya selaku Ketua Rapat Pendeta HKBP pada tanggal 27 Maret 2019 mengirimkan pesan melalui whatsapp kepada setiap pendeta HKBP agar secara rutin di rumah dan persekutuan gerejawi berdoa. Bermohon kepada Tuhan, supaya setiap rakyat Indonesia hadir memberikan suaranya di Tempat Pemilihan Suara pada tanggal 17 April 2019 mendatang secara bebas, rahasia, jujur dan adil," ujarnya kepada SIB di Medan, Sabtu (30/3).

Ia pun mengharapkan, melalui SIB, himbauan itu turut diwartakan untuk menghadang ajakan-ajakan kepada rakyat untuk golput. Karena ajakan golput dinilai tidak sehat. Sementara dari sisi pandang politik Protestan, umat Kristen dianjurkan untuk berperan aktif dalam kehidupan berpolitik.

BERTANGGUNGJAWAB
Pdt Robinson juga meminta kepada para pendeta agar di dalam doa itu didoakan agar Pemilu ini berjalan aman dan damai sehingga kesatuan bangsa yang selama ini telah berlangsung baik tetap terjaga dan terawat. "Saya berharap dengan doa yang dipanjatkan ini, seluruh warga HKBP ikut aktif mengikuti pesta demokrasi ini dalam semangat ajaran Kristen Protestan yang menekankan bahwa sebagai warga Kerajaan Allah, umat Kristen bertanggungjawab penuh memerankan peran aktif politisnya untuk kemaslahatan seluruh warga negara," katanya.

Ikut aktif dalam Pemilihan Umum dengan memberikan hak suara yang dijamin Undang-undang Dasar, menurut Robinson, merupakan bagian dasar dari tanggung jawab itu. Jadi, sebagai KRP dia terpanggil mengajak rekannya pendeta memberi kontribusi dalam menyukseskan Pemilu 2019.

"Tugas pendeta mendoakan dan mengimbau agar jemaat berpartisipasi aktif, sebagai bagian dari tanggung jawab, demi bangsa dan negara," paparnya.

Berikut selengkapnya isi whatsapp Pdt Robinson kepada rekannya pendeta dalam bahasa Batak:

Selamat pagi di angka Dongan Pandita Hinaholongan dht Pinarsangapan.

Gonop 21 arinari marpesta demokrasi ma bangsonta, Indonesia, patupa Pemilihan Umum, mamillit Presiden dohot Wakil Presiden, Wakil-wakil rakyat (DPR, DPRD Tkt I dht Tkt II) dohot Wakil Daerah (DPD) Periode 2019-2024.

Mansai uli do molo taboan ma Pemilu Serentak 17.4.2019 i jojor di angka tangiangta be, di jabu nang di huria, asa ganup rakyat na berhak mamillit parsidohot mamilit di TPS secara langsung, umum, bebas dohot rahasia, asa mardalan Pemilu i di bagasan hadameon, jala asa hot parsaoran na togu i di tongatonga ni bangsonta songon nasailaon sahat tu tingki on, dao parbolatbolaton.

Tajagahon ma nang diri dohot hatanta di angka komunikasinta be di ariari na ro on sahat tu tgl 17.4.2019 nang dung i pe tahe, unang targasip na tumangihon dohot na manjahasa, asa sai hot uli hapanditaonta i di roha ni ruas nang na so ruas ni HKBP pe tahe songon na sailaon.

Manongtong hita masitangiangan.

Tabe mardongan tangiang,
Pdt Dr Robinson Butarbutar, KRP.
Berikut terjemahannya:
Selamat pagi rekan pendeta yang saya kasihi dan hormati.

Bangsa Indonesia 21 hari lagi akan menggelar pesta demokrasi, yakni Pemilihan Umum, untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Wakil-wakil Rakyat (DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota), dan Wakil Daerah (DPD RI) periode 2019-2024.

Alangkah baiknya jika kita mendoakan Pemilu 17 April 2019, di rumah maupun di gereja, supaya semua rakyat yang berhak memilih, ikut memilih di TPS secara langsung, umum, bebas dan rahasia, supaya Pemilu berjalan damai dan persatuan bangsa tetap terjaga, seperti dulu hingga sekarang, jauh dari perpecahan.

Mari menjaga diri dan ucapan dalam berkomunikasi ke depan, hingga 17 April 2019, bahkan selanjutnya. Agar yang mendengar dan membaca tidak tersandung, biar kependetaan tetap baik di hati jemaat, maupun bukan jemaat, sama seperti sebelumnya.
Mari tetap saling mendoakan.

Salam dan doa,
Pdt Dr Robinson Butarbutar, KRP. (R26/l)
T#gs Pdt Dr Robinson Butarbutar Ajak Pendeta HKBP Doakan Jemaat Gunakan Hak Pilih
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments