Jumat, 20 Sep 2019
  • Home
  • Headlines
  • Paus Fransiskus Akan Kunjungi Wilayah Mafia Perangi Kejahatan

Paus Fransiskus Akan Kunjungi Wilayah Mafia Perangi Kejahatan

Minggu, 22 Juni 2014 11:57 WIB
SIB/int
Paus Fransiskus
Vatikan (SIB)- Seruan Paus Fransiskus untuk memerangi kejahatan mafia nampaknya bukan sekedar omong kosong belaka. Untuk pertama kalinya pada Sabtu mendatang Paus asal Argentina itu akan melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang merupakan jantung mafia dari Calabria.

Rencananya, Paus akan mengunjungi salah satu wilayah termiskin di Italia. Dirinya akan mengunjungi penjara, rumah sakit dan rumah perawatan di sekitar Cassano allo Jonio sebelum merayakan misa dengan  100.000 umat. Di wilayah ini tingkat pengangguran di bawah usia 25 tahun di wilayah ini mencapai 56,1 persen atau yang tertinggi di Italia pada tahun 2013.

Mafia lokal cukup berkembang dengan menawarkan anak-anak yang menganggur dengan pekerjaan di jaringan mereka. Paus kemungkinan akan berbicara tentang dua tantangan terbesar di kawasan itu: menjulangnya pengangguran generasi muda dan cengkeraman luas kelompok kejahatan yang kuat dan rahasia.

Paus pada Mei lalu bertemu keluarga korban mafia termasuk keluarga anak-anak dan imam yang dibantai, ia mengatakan kepada gangster bahwa mereka akan "pergi ke neraka" jika mereka tidak bertobat. Langkah Paus ini dinilai begitu berani. Pendahulunya, Yohanes Paulus II pernah menyuarakan ancaman serupa di Sisilia pada tahun 1993. Saat itu mafia Cosa Nostra menanggapinya dengan pemboman dua gereja bersejarah di Roma. (Jaringnews/JC/h)

Simak berita lainnya di Harian Umum Sinar Indonesia Baru (SIB). Atau akses melalui http://epaper.hariansib.co/ yang di up-date setiap hari pukul 13.00 WIB.
 
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments