Minggu, 17 Nov 2019
  • Home
  • Headlines
  • Parsadaan Pomparan Ni Raja Sonak Malela Gelar Pesta Bona Taon di Medan

Parsadaan Pomparan Ni Raja Sonak Malela Gelar Pesta Bona Taon di Medan

*Pengurus DPP Sonak Malela Doakan Provinsi Tapanuli Segera Terbentuk, *Pengurus DPP Sonak Malela Medan Minta Pomparan Sonak Malela di Tapanuli Doakan dan Pilih Rooslynda Marpaung untuk DPR RI
Rabu, 05 Maret 2014 09:50 WIB
Sib/Horas Pasaribu
SONAK MALELA : Panitia Pesta Bona Taon Punguan Sonak Malela Kota Medan Sekitarnya foto bersama Wakil Pimpinan Umum Harian SIB Ir GM Chandra Panggabean didampingi istri Rooslynda Marpaung usai silaturahmi ke Kantor SIB, Senin (3/3). Panitia terdiri Ketua U
Medan (SIB)- Parsadaan Pomparan ni Raja Sonak Malela Medan akan menyelenggarakan Pesta Bona Taon tahun 2014, Sabtu (8/3)  di Pardede Hall Medan. Hal itu disampaikan saat Pengurus DPP Sonak Malela dan panitia beraudiensi ke Kantor Harian SIB Medan, Senin (3/3/2014) di Medan.

Rombongan yang diterima Wakil Pemimpin Umum Ir GM Chandra Panggabean didampingi istri Rooslynda Marpaung di antaranya, Ketua Panitia Prof Dr Efendi Napitupulu MPd, Sekretaris Drs Biner Simangunsong, Bendahara I Ny St Dinar Hutabarat br  Napitupulu, Ketua Umum DPP Sonak Malela Medan Sobo Simangunsong, Sekretaris Umum DPP Sonak Malela Medan Ir Walsen Napitupulu, Panitia Pesta Daniel Pardede SH MH, Gongga Marpaung SH SPn, Monang Napitupulu, Edward Napitupulu SPsi, Ny Bintang Napitupulu br  Sinaga, Rospita br  Napitupulu SE.

Dilaporkan, Pesta Bona Taon akan diisi dengan kebaktian dipimpin Pdt SMP Marpaung, pelantikan pengurus DPP PSM periode 2014-2018, pemberangkatan calon legislatif 2014-2014 yang merupakan warga Pomparan Sonak Malela.

Ir GM Chandra Panggabean dalam audiensi itu mengatakan, penanaman nilai nilai budaya pada generasi muda sangat penting. Hal itu sangat beralasan karena budaya Batak merupakan salah satu budaya besar yang ada di dunia ini. Tidak banyak bangsa yang memiliki budaya yang sudah ada secara turun temurun baik dengan aturan, tata krama, bahasa tulisan dan bahkan turi-turian atau kekayaan seni. Kekayaan besar itu mulai luntur kalau tidak diwariskan kepada generasi muda dan dikhawatirkan akan hilang. Salah satu wadah yang paling tepat dalam melestarikan budaya adalah dalam kegiatan kegiatan kelompok marga yang harus dilakukan secara berkesinambungan.

Ir GM Chandra Panggabean yang juga sebagai Ketua Panitia Pembentukan Provinsi Tapanuli mengatakan bahwa perjuangan untuk membangun tanah lelulur masyarakat Batak masih terus diperjuangkan. Potensi besar dalam merealisasikan perjuangan pembentukan Provinsi Tapanuli itu sudah di depan mata dan sedang dalam pembahasan di DPR RI. Alasan memperjuangkan terbentuknya Provinsi Tapanuli adalah pertama untuk melestarikan budaya Batak dan juga percepatan pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat.

Satu keprihatinan yang dialami di kawasan Tapanuli katanya adalah kondisi jalan negara yang rusak parah. Padahal panjang jalan provinsi hanya 66 kilometer dan dibanding pada masa penjajahan kondisi jalan itu jauh lebih baik. Selain itu juga menjadi keprihatinan karena potensi alam Danau Toba untuk dijadikan sebagai sumber energi dan juga kekayaan alam berupa sumber panas bumi Sarulla yang sangat besar hingga saat ini belum bisa dikelola dan diberdayakan.

“Satu satunya jalan untuk membangkitkan dan membangun potensi itu adalah dengan terbentuknya Provinsi Tapanuli,” katanya.

Bisa dibayangkan kalau terbentuk Provinsi Tapanuli maka akan turun anggaran dari pemerintah pusat sebesar Rp2 triliun setiap tahun untuk membangun infrastruktur, ditambah lagi akan terbuka peluang kerja untuk ribuan PNS dan roda perekonomian akan berputar.

Ir GM Chandra Panggabean mengatakan  perjuangan yang dilakukan saat ini adalah memperjuangkan para calon anggota DPR RI yang memiliki komitmen dalam perjuangan provinsi Tapanuli,  bisa duduk di DPR RI pada Pemilu Legislatif  2014.

Ketua DPP Sonak Malela Kota Medan Sobo Simangunsong dan Ketua Panitia Prof Dr Efendi Napitupulu MPd menyambut baik pendapat dari Ir GM Chandra Panggabean dan langsung menyampaikan bahwa Pomparan Sonak Malela Kota Medan akan mendukung dan mendoakan  Rooslynda Marpaung serta para calon legislatif yang merupakan pomparan Sonak Malela.

Karena keberadaan DPP Sonak Malale ada di Medan maka DPP Sonak Malela Medan meminta dan berharap Pomparan Sonak Malela yang ada di Tapanuli untuk mendukung, mendoakan dan memilih Rooslynda Marpaung pada Pileg 2014 nanti.

"Seluruh Pomparan Sonak Malela Medan akan menghubungi semua keluarga yang ada di Tapanuli untuk mendoakan dan memilih Rooslynda Marpaung," ujar Sobo Simangunsong dan dibenarkan Ir Walsen Napitupulu.

Sementara itu  Prof Dr Efendi Napitupulu menyampaikan bahwa hingga saat ini kalangan akademisi selalu memperbincangkan tentang peluang terbentuknya Provinsi Tapanuli dipandang dari sisi akademis.

Ketua Panitia Prof Dr Efendi Napitupulu MPd menyampaikan juga bahwa pada acara puncak yang diperkirakan akan dihadiri 4000 warga Sonak Malela akan digelar acara Kebesaran Sonak Malela dengan manortor yang diawali dengan panitia dilanjutkan dengan Simangunsong, Marpaung, Napitupulu dan Pardede serta akan mengundang keluarga Sonak Malela yang Muslim serta yang paling utama adalah para generasi muda (naposo).

Pada acara hiburan akan diisi dengan artis artis Pomparan Sonak Malela dan juga menghadirkan Jack Marpaung dan akan diisi dengan lucky draw.

Disebutkan penyelenggaraan Pesta Bona Taon Pomparan Sonak Malela memegang prinsip untuk menggalang kebersamaan (hasadaon), untuk menunjukkan keberhasilan yang dicapai (hataridaon) dan juga menunjukkan bahwa pomparan Sonak Malela juga banyak bekerja di ladang Tuhan (Siboan Hatiuron).(A9/ r)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments