Sabtu, 23 Nov 2019

PKB: PKS-NU Ibarat Minyak dan Air

admin Rabu, 12 Desember 2018 11:17 WIB
Jakarta (SIB)- PKB berkomentar soal manuver Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri yang bertemu dengan tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Kiai Kholil As'ad Syamsul Arifin Situbondo. PKB mengibaratkan PKS dan NU seperti minyak dan air.

"Masalahnya yang saya pahami kultur dan ideologi NU sangat berbeda dengan PKS. Seperti minyak dan air, meski sama-sana benda cair tapi punya kealamian yang berbeda," ujar Wasekjen PKB Daniel Johan saat dihubungi, Selasa (11/12).

Daniel mengatakan manuver PKS ke NU itu sulit dibayangkan. Sebab, ia menilai selama ini banyak kultur NU yang dipertentangkan PKS .

"Banyak nggak nyambungnya, bahkan sering kultur NU dianggap salah. Jadi perubahan sikap PKS tentu suatu kemajuan yang sulit dibayangkan sebelumnya," kata dia.

Meski begitu, Daniel menghargai sikap PKS. Ia menyebut persaudaraan harus tetap dijaga.

"Kami hargai, dan meskipun berbeda, kita tetap dalam satu persaudaraan kebangsaan, silaturahmi dan ukuwah tetap harus dijaga. PKB sendiri sejak awal sampai kapan pun akan selalu menjadi garda terdepan dalam mencintai, membela, dan memajukan ulama dan NU, tidak ada yang boleh menghambat ulama dan NU," tegasnya. 

Bertemu
Sebelumnya Habib Salim Segaf Aljufrie bertemu dengan Kiai Kholil As'ad Syamsul Arifin Situbondo. Apa yang dibicarakan?

Pertemuan itu terjadi pada Sabtu (8/12) lalu. Kiai Kholil merupakan pimpinan Pondok Pesantren Walisongo, Situbondo, Jawa Timur. Pertemuan itu diberitakan PKS lewat situs resmi mereka, pks.id. Direktur Pencapresan PKS Suhud Alynudin saat dimintai konfirmasi pada Senin (10/12) menyebut berita di situs tersebut bersifat resmi dari DPP PKS.

"Habib Salim Segaf Aljufrie, Ketua Majelis Syuro PKS, menerima kunjungan silaturahim Kiai Kholil As'ad Syamsul Arifin Situbondo bersama santri dan rombongannya di Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan," tulis pernyataan resmi PKS.

"Kiai Kholil adalah pimpinan Pondok Pesantren Walisongo, Situbondo, Jawa Timur, anak KH As'ad Syamsul Arifin, Pahlawan Nasional dari Situbondo. Dalam silaturahmi dan ramah tamah tersebut, Habib Salim didampingi antara lain oleh Ketua MPP (Ketua Majelis Pertimbangan Pusat) Untung Wahono dan beberapa pengurus DPP PKS," imbuh keterangan di situs tersebut. (detikcom/c)

Editor: admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments