Kamis, 14 Nov 2019

PDIP Tarik Wacana Soal Kabinet Bayangan

Kamis, 06 Maret 2014 10:30 WIB
Jakarta (SIB)- PDIP pernah melempar wacana kabinet bayangan yang dipersiapkan jika menang Pemilu 2014. Namun Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo menepis wacana kabinet bayangan itu.

"Isu soal nama-nama kabinet bayangan di dalam sistem presidensial, penyusunan kabinet merupakan hak prerogatif presiden terpilih," kata Tjahjo dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Selasa (4/3/2014).

Jangankan menyusun kabinet, Tjahjo mengatakan, saat ini belum ada kepastian soal deklarasi pencapresan dari partainya. Dia menegaskan, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang memiliki wewenang menentukan capres cawapres belum mengambil sikap.

"DPP PDI Perjuangan lebih memfokuskan diri di dalam memenangkan pemilu legislatif dahulu, daripada sekadar bicara tentang orang per orang untuk jabatan menteri. Biarlah itu menjadi urusan presiden terpilih nanti," kata Tjahjo.

Padahal sebelumnya Tjahjo mengatakan PDIP telah menyiapkan arsitektur kabinet pemerintahan jika partainya memenangkan Pemilu 2014. "Begitu strategisnya tahun 2014 maka PDIP selain berjuang untuk memenangkan pemilu 2014, pada saat bersamaan partai juga menyiapkan agenda pemerintahan ke depan, dan sekaligus mempersiapkan arsitektur kabinet pemerintahan, manakala PDIP dipercaya rakyat untuk memimpin bangsa dan negara RI," kata Tjahjo dalam pesan singkat, Jumat (28/2) lalu.

Bahkan, politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno sudah menyebut nama-nama kader partai banteng moncong putih yang akan mengisi posisi-posisi menteri di kabinet bayangan PDIP. Ada 9 kader yang disebut Hendrawan akan menjadi menteri di kabinet bayangan PDIP.

Berikut daftar kabinet bayangan 2014-2019 yang diproyeksikan oleh PDIP:

1.Menteri Pertanian dan Kehutanan: M. Prakosa (mantan Ketua BK DPR RI)

2.Menteri Perikanan dan Kelautan: Romin Dahuri (mantan menteri perikanan dan kelautan)

3.Menteri Perdagangan: Sri Adiningsih (politisi PDIP)

4.Menakertrans: Maruarar Sirait (Anggota komisi XI)

5.Mensesneg atau Seskab: Hasto Kristianto (Wasekjen PDIP)

6.Menteri Pertanahan atau Agraria: Arif Wibowo (Pimpinan komisi II)

7.Menteri Pemuda dan Olahraga: Budiman Sudjatmiko (Anggota komisi II)

8.Menteri Pertahanan: Tubagus Hasanuddin (pimpinan komisi I)

9.Menteri yang berkaitan dengan bidang keuangan (Menkeu/Menteri Perkonomian): Arif Budimanta

"Sedangkan Mbak Puan Maharani masih disimpan sebagai kartu truf yang akan dimainkan kemudian," imbuh Hendrawan, Jumat (28/2) lalu. (detikcom/d)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments