Sabtu, 14 Des 2019
  • Home
  • Headlines
  • Oknum Pemuda Sering Pungut "Donasi" di Pesta Hajatan Warga Beringin Gerah

Oknum Pemuda Sering Pungut "Donasi" di Pesta Hajatan Warga Beringin Gerah

redaksi Kamis, 14 November 2019 11:18 WIB
Sib/Doc
SUASANA: Begini gaya M Iqbal Saragih ketika bernyanyi sambil membawa kotak donasi untuk bantuan bencana nasional di salah satu hajatan warga di Beringin, Selasa (12/11) malam.

Deliserdang (SIB)
Sejumlah warga Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang mengaku gerah dengan aksi oknum tertentu melakukan pengutipan dana bencana nasional memanfaatkan hajatan pesta. Pasalnya warga sudah kerap melihat oknum itu hadir dalam pesta, dengan mengutip bantuan yang terlebih dahulu bernyanyi dan mengumumkan tujuan kedatangannya.


"Kami sudah sering kali melihat anak ini hadir di setiap pesta. Sebelum bernyanyi, dia terlebih dulu mengenalkan diri, kalau dia bertugas mengumpulkan dana bencana alam. Pertama-tama kami percaya, tapi lama-lama curiga juga. Kok sampai sekarang ada pengumpulan dana untuk bencana nasional," kata Anto yang diaminkan Sarmik dan Herry warga Beringin saat berbincang-bincang dengan wartawan, Selasa (12/11).


Menurut Anto, jika memang dana yang dikumpulkan dari setiap acara pesta pernikahan masyarakat itu benar disalurkan, warga mengaku tidak ada masalah. Namun jika sebaliknya, warga berharap agar sudah saatnya pihak terkait menertibkan aksi-aksi modus demikian.


"Ya kalau dia mau ngamen gak masalah, tapi bisa jadi kan cuma modus mengatasnamakan untuk bencana nasional. Bayangkan saja, berapa yang dia dapat. Sebab dia keliling dari pesta yang satu ke pesta lainnya. Di satu lokasi pesta ada yang mengasih Rp 5 ribu, Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu," papar Sarmik.


Informasi yang dikumpulkan setiap ada hajatan pesta, oknum yang bertubuh kurus tersebut kerap naik ke atas pentas untuk bernyanyi sambil membawa kotak amal untuk bencana nasional. Sebelum bernyanyi, oknum yang diketahui bernama M Iqbal Saragih menyebut dirinya dari 7 Manegemen yang bertugas mengumpul dana yang akan didonasikan untuk korban bencana nasional.


"Bapak/ibu, saya M Iqbal Saragih berharap bantuannya untuk disumbangkan bagi korban bencana Palu, Lombok dan korban asap Pekanbaru," kata Iqbal sebelum bernyanyi di pesta perkawinan warga di Jalan Besar Beringin, Selasa (12/11) malam.


Karena yang memberi sumbangan hanya sedikit, Iqbal pun turun dari pentas dengan membawa kotak kardus mendatangi setiap tamu dan undangan. Karena didatangi, para tamu pun banyak yang memberi uang. Tapi ada juga yang menggerutu karena hampir setiap ada pesta, Iqbal selalu hadir dengan modus pengumpulan dana bencana nasional.


Informasi yang dikumpulkan di lokasi acara, hasil yang didapat Iqbal cukup banyak mencapai ratusan ribu rupiah di satu pesta. Diketahui juga kalau Iqbal datang diantar menggunakan mobil Avanza warna silver.


Usai bernyanyi dan mengumpulkan dana, Iqbal yang ditanya wartawan mengaku dana yang dikumpulkan selama ini disetorkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara.


Namun ketika didesak siapa pegawai BPBD Sumut yang menerima, pemuda yang mengaku tinggal di sekitaran Kebun Adolina, Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai mengaku lupa.


Ditanya kemana tujuan dana bencana alam itu disalurkan, Iqbal menyebutkan dana itu untuk bencana Palu, Lombok dan korban asap Riau. Terkait bukti penyerahan uang dan kelengkapan suratnya, ia berdalih tinggal di rumah.


Lalu ditanyakan biasanya pengumpulan dana bencana tidak sendiri dilakukan dan semua korban bencana sudah ditangani pemerintah, ia terlihat kaku. "Kalau gitu, saya minta maaf," ujar Iqbal sambil berlalu. (T05/q)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments