Kamis, 21 Feb 2019
  • Home
  • Headlines
  • Murid Kelas I Sampai Kelas VI di SDN 057768 Sei Udang Langkat Belajar Tanpa Guru

Murid Kelas I Sampai Kelas VI di SDN 057768 Sei Udang Langkat Belajar Tanpa Guru

admin Senin, 11 Februari 2019 09:20 WIB
Ilustrasi.
Pangkalansusu (SIB) -Peserta didik dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 belajar tanpa guru, Jumat (8/2) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 057768 Sei Udang, tepatnya di desa tertinggal Desa Pangkalansiata Kecamatan Pangkalansusu Kab Langkat.

Para siswa belajar tanpa pendampingan guru seperti peribahasa 'anak ayam kehilangan induk'. Hal ini bisa terjadi akibat tidak adanya guru tetap yang mengajar di sekolah tersebut.

"Tak heran lagi, jangankan guru tetap, guru honorer pun tidak ada saat ini di sekolah itu. Yang ada hanya seorang Kepsek merangkap guru kelas, guru agama, olahraga dan bidang lainnya," ujar seorang pria yang mengaku wali murid saat ditemui SIB di lokasi sekolah baru-baru ini.

Menurut pria berkumis tipis yang namanya tidak ingin dipublikasikan, keberadaan tenaga kependidikan nyaris kosong seperti pada Jumat (8/2), bukan kali pertama terjadi.

Pasalnya, kata dia, jika oknum Kepsek pergi keluar meninggalkan sekolah dalam tugas kedinasan ke Kecamatan Pangkalansusu maupun ke Kabupaten Langkat, para murid terpaksa belajar sendiri tanpa guru.

Kalau beginilah keberadaan sekolah ini, lalu siapa yang akan bertanggungjawab terkait masa depan pendidikan anak-anak. "Apakah karena anak-anak tinggal di daerah terpencil sehingga luput dari perhatian pemerintah," ucapnya.

Tidak tersedianya guru tetap, lanjutnya, seakan menunjukkan bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat tidak serius dalam memajukan pendidikan khususnya bagi anak didik di desa tertinggal Desa Pangkalansiata.

Dampak dari kurangnya guru tetap di sekolah dasar negeri Sei Udang yang saat ini masih merupakan desa terpencil, ia melihat akan ada banyak anak-anak yang putus sekolah. Untuk itu, dia berharap agar dinas terkait segera menempatkan guru tetap (ASN) ke sekolah tersebut.

Kepsek SDN 057768 Sei Udang, Dadek Sumarni yang dikonfirmasi SIB melalui selularnya, Jumat (8/2), membenarkan peserta didik dari kelas 1 sampai kelas 6 di sekolahnya belajar tanpa guru.

"Ya hari ini (Jumat, 8/2) seluruh siswa belajar sendiri karena tidak ada guru lain yang mengajar mereka di sekolah. Saat ini saya sedang berada di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Pangkalansusu, mengantarkan berkas yang berkaitan dengan kedinasan," ucapnya.

Namun demikian, lanjutnya, dirinya sudah memberi tugas pelajaran terhadap siswa mulai dari kelas 1 s/d kelas 6, dengan membaca buku yang telah disediakan. "Selama jam belajar berlangsung, peserta didik diawasi oleh penjaga sekolah."

"(Sabtu 9/2), saya menerangkan mata pelajaran yang mereka sudah baca. itulah yang bisa dilakukan, sebab di SDN Sei Udang, hanya saya sendiri guru tetap yang mengajar merangkap Kepsek, guru honorer pun tidak ada saat ini," katanya.

Terpisah, Kadis Pendidikan Kab Langkat, Dr Saiful Abdi yang dikonfirmasi SIB melalui sms tidak merespon. Beberapa kali dihubungi lewat selularnya, HP-nya aktif, tapi yang bersangkutan tidak menjawab.(A28/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments