Selasa, 12 Nov 2019
  • Home
  • Headlines
  • Mobil Dikendarai Letkol (Purn) Bukti Siregar Terjun ke Danau Toba di Baktiraja

Hindari Bebatuan Longsor

Mobil Dikendarai Letkol (Purn) Bukti Siregar Terjun ke Danau Toba di Baktiraja

admin Rabu, 20 Maret 2019 08:56 WIB
SIB/Dok
EVAKUASI: Tim gabungan dibantu warga saat melakukan evakuasi pengangkatan mobil pribadi yang terjun ke Danau Toba, pada Senin (18/3) malam, di seputaran jalan lingkar Danau Toba, tepatnya di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Humbahas.
Humbahas (SIB) -Satu mobil pribadi jenis Escudo yang dikemudikan Letkol (Purn) Bukti Siregar (72) warga Desa Huta Nagodang Kecamatan Muara, Tapanuli Utara (Utara), terjun ke Danau Toba di seputaran jalan lingkar Danau Toba di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin (18/3) sekira pukul 18.30 WIB.

Informasi dihimpun, Selasa (19/3), kejadian tersebut diduga karena bebatuan dari kaki gunung pinggiran jalan lingkar Danau Toba penghubung Baktiraja-Muara longsor dan menghantam mobil korban yang berusaha mengelak hingga hilang kendali dan terjun ke danau.

"Keterangan saksi mata tiga nelayan saat kejadian terjadi, jarak mereka tidak terlalu jauh. Ketiganya melihat sepintas ada mobil masuk ke danau disusul terdengar suara benturan keras tercebur ke air. Mereka berlari menuju lokasi dan melihat banyak tumpahan bensin mengapung di atas air serta bongkahan batu besar di tengah jalan. Barulah mereka pergi memanggil warga dan melaporkan ke kepolisian dan tim SAR untuk mencari korban," sebut Kepala Desa Simangulampe, Dompak Sinambela.

Tim rescue pos SAR Danau Toba yang diberangkatkan ke titik koordinat LKP: 0221'3.438N 9854'58.56E berikut LKP: 19,5th NM garis lurus dari Pos SAR Danau Toba radial: 183, bersama BPBD Humbahas, kepolisian dibantu warga berupaya mencari korban sejak Senin (18/3) malam, baru berhasil menemukan korban pada keesokan harinya, Selasa (19/3) sekira pukul 13.00 WIB, dengan menurunkan penyelam dan alat bantu berupa perahu karet beserta tali untuk evakuasi pengangkatan mobil beserta korban dari dasar danau.

Keadaan Letkol (Purn) Bukit Siregar saat ditemukan sudah tidak bernyawa dengan kondisi mengalami sejumlah luka robek di bagian kepala, telinga, dahi dan tangan.

Korban selanjutnya dibawa ke Puskesmas Baktiraja untuk menjalani visum sebelum dijemput pihak keluarga untuk dimakamkan. "Sesuai keterangan dikumpulkan, kecelakaan terjadi waktu korban pulang pesta di Bakara ini. Karena tidak ada kabar dan HP-nya juga mati saat coba dihubungi, keluarga korban langsung mencari tahu tentang keberadaan korban," ujar Kasatlantas Polres Humbahas AKP Robinson Sembiring. (H03/h)
T#gs Terjun ke Danau Toba di BaktirajaLetkol (Purn) Bukti Siregar
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments