Minggu, 20 Sep 2020
  • Home
  • Headlines
  • Mayoritas Utusan Sinode Godang Terpilih Mendukung Pdt Dr Robinson Butarbutar

Sinode HKBP Distrik V Sumatera Timur Sukses

Mayoritas Utusan Sinode Godang Terpilih Mendukung Pdt Dr Robinson Butarbutar

* 5 Calon Praeses Lolos
redaksisib Minggu, 09 Agustus 2020 09:20 WIB
Dok/Panitia

MASUKKAN KERTAS SUARA: Ketua Rapat Pendeta HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar saat memasukkan kertas suara pada pemilihan utusan Sinode Godang di Sinode Distrik V Sumatera Timur, yang berlangsung Rabu (5/8) hingga Kamis (6/8) di Sopo Godang P Siantar.

Pematangsiantar (SIB)
Sinode Distrik untuk memilih calon praeses dan utusan Sinode Godang HKBP pada Oktober mendatang telah dilaksanakan di 16 distrik. Salah satu di antaranya yang selama ini menjadi barometer penentu di HKBP adalah Sinode Distrik V Sumatera Timur berlangsung, Rabu (5/8) di Sopo Godang HKBP P Siantar sejak pukul 08.00 WIB hingga Kamis (6/7) pagi sekitar pukul 05.30 WIB.

Menurut para peserta sinode yang dihubungi SIB, dari 64 utusan sinode godang (USG) yang terpilih dari unsur pendeta dan non pendeta mayoritas mendukung Pdt Dr Robinson Butarbutar menjadi Ephorus HKBP periode 2020-2024. Baik unsur pendeta, maupun non pendeta mendukung penuh Pdt Dr Robinson yang telah menetapkan mottonya "Serep Marhobas". Dari 64 USG, 57 di antaranya mendukung Pdt Dr Robinson dan 7 orang mendukung Pdt Dr Martongo Sitinjak yang telah menetapkan mottonya "Firman Bekerja".

Selain ke-64 USG itu, 5 calon praeses juga lolos untuk dipilih menjadi praeses pada sinode godang Oktober mendatang. Kelimanya yaitu Pdt Batara Silalahi, Pdt Dobes Manullang, Pdt Buha Kamson Siburian , Pdt Tumpal Willi Rumapea dan Pdt Mulia Simanjuntak.
Ke-16 distrik yang sudah melaksanakan sinode adalah Distrik Asahan Labuhanbatu, Silindung, Tanah Jawa, Tanah Alas, Labuhanbatu, Borneo Humbang Habinsaran, Samosir, Sibolga Tapteng Nias, Medan Utara, Toba,Tabagsel Sumbar, Binjai Langkat, Riau Pesisir, Humbang dan Sumatera Timur.

Namun masih ada 14 distrik lagi yang masih akan bersinode dan beberapa di antaranya adalah distrik besar yang sangat berpengaruh yaitu Distrik X Medan Aceh, Distrik Riau dan Distrik DKI Jakarta. Meskipun utusan sinode godang dari distrik mayoritas masih mendukung Pdt Robinson, tetapi penentuan siapa yang bakal menjadi Ephorus dan pimpinan pusat lainnya tetap pada Sinode Godang HKBP Oktober mendatang.

Dilaporkan, Sinode Distrik Sumatera Timur berlangsung seru dari Rabu pagi hingga Kamis pagi hari. Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur Pdt Robert S Pandiangan MTh akhirnya berhasil melantik sebanyak 64 orang USG yang terdiri dari unsur pendeta dan non pendeta, Kamis pagi. Selain melantik USG, praeses juga melantik 2 orang Majelis Pekerja Sinode, 10 orang Majelis Pekerja Sinode Distrik, 3 orang Badan Audit Distrik dan 2 orang Panitia Pemilihan Sinode Godang dari Distrik yang akan diutus mengikuti Sinode Godang HKBP.

"Sinode Distrik Sumtim ini diikuti 163 peserta yang terdiri dari pendeta dan pengurus seksi lainnya, berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," ujarnya kepada SIB, Jumat (7/8) melalui telepon seluler.

Dengan telah dilaksanakannya periodesasi ini maka kepengurusan baru terpilih sudah dapat melaksanakan berbagai kegiatan baik di tingkat distrik maupun utusan ke sinode godang. Diharapkan tetap semangat dalam melakukan pelayanan yang baru terutama pasca pandemi Covid-19 dan nantinya dapat membuka pelayanan-pelayanan baru. ( S04/c)
T#gs Pdt Dr Robinson ButarbutarSinode HKBP Distrik VSumatera TimurUtusan Sinode Godangheadline
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments