Selasa, 10 Des 2019
  • Home
  • Headlines
  • Loncat dari Gedung, 14 Guru dan Siswa SMK 6 Yadika Bekasi Patah Tulang

Loncat dari Gedung, 14 Guru dan Siswa SMK 6 Yadika Bekasi Patah Tulang

redaksi Selasa, 19 November 2019 10:27 WIB
Merdeka.com
Ilustrasi

Bekasi (SIB)
Sebanyak 14 orang mengalami luka-luka akibat kebakaran di gedung SMK 6 Yadika, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi. Para korban rata-rata mengalami patah tulang lantaran melompat dari atas gedung untuk menyelamatkan diri.


"Itu kebanyakan yang tadi loncat dari lantai dua, ada guru dan siswa karena lompat. Untuk detailnya kita belum dapat keterangan, karena baru ditangani oleh dokter," ujar Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto, Senin (18/11).


Indarto mengatakan para korban saat ini dirawat di RS Pondok Gede.


Ada dua lantai di SMK Yadika 6 Bekasi yang mengalami kebakaran. Kebakaran terjadi sejak pukul 15.00 WIB sore.
Menurut keterangan saksi kepada polisi, api muncul dari gudang di sekolah. Semula, pihak sekolah mencoba mematikan api dengan alat pemadam kebakaran (APAR).


"Kalau dari saksi mata sementara api bermula dari sebelah kiri. Kayaknya gudang, ada meja rusak dan lain-lain. Sudah sempat dimatikan pakai APAR tapi nggak sepadan tapi masih merembet," ujar Indarto.


Pantauan wartawan, hingga pukul 20.00 WIB, asap hitam masih terlihat membubung tinggi di SMK Yadika. Sejumlah petugas juga masih terlihat berjibaku memadamkan api. Total 4 lantai terbakar habis.


Sejumlah petugas damkar silih berganti masuk ke gedung sekolah. Sekitar 15 unit mobil damkar standby di sekitar sekolah.
Dari luar terlihat bagian dalam gedung hangus terbakar. Pihak sekuriti sekolah menyebutkan ada 20 ruangan yang terbakar dalam peristiwa tersebut.


Tampak sejumlah petugas kebakaran berada di lantai dua untuk memadamkan api. Sementara kebakaran menjadi tontonan warga.
"Api masih ada di dalam. Masih pemadaman," ujar Komandan Peleton Damkar Bekasi Jamiludin di lokasi.


Saksi sempat mendengar 4 kali ledakan di tengah kebakaran tersebut.


"Saya dengar ada 3-4 ledakan, tapi ledakanya nggak kenceng," ujar seorang guru SMK Yadika 6 Bekasi Santoso Marpaung di lokasi kebakaran.


Santoso mengatakan, api bermula dari salah satu ruangan di lantai bawah. Kemudian api meluas hingga ke lantai atas.


"Tiba-tiba ada percikan api, pas ada percikan api mereka keluar, saya lihat langsung apinya besar. Api itu di lantai paling bawah gitu," ujar Santoso.


Santoso menduga kebakaran terjadi karena arus pendek. Ia mengatakan ada sejumlah siswa dan guru yang coba melompat dari lantai 4.


"Katanya ada sekitar 8 orang berontak dan mencoba loncat dari atas. Ada laki-laki (berjumlah) 5 orang, lompat dari lantai 4. Tapi nggak lompat langsung ya tapi mereka berusaha ke bawah coba turun," ujar Santoso.
Santoso belum mengetahui apakah masih ada siswa atau guru yang terjebak dalam gedung. Hampir seluruh ruangan gedung SMK Yadika hangus terbakar.
"Sekitar 48 ruangan," kata Santoso. (detikcom/f)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments