Rabu, 23 Okt 2019
  • Home
  • Headlines
  • Lepas Kepergian BJ Habibie, Jokowi: Selamat Jalan Mr Crack

Lepas Kepergian BJ Habibie, Jokowi: Selamat Jalan Mr Crack

* Jokowi Ajak Masyarakat Doakan Almarhum BJ Habibie
admin Jumat, 13 September 2019 09:37 WIB
Ant/Akbar Nugroho Gumay
UPACARA PEMAKAMAN: Presiden Joko Widodo (kanan) selaku Inspektur Upacara memasukkan tanah ke dalam liang lahat almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie saat upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9).
Jakarta (SIB) -Presiden Joko Widodo menyampaikan salam perpisahannya kepada BJ Habibie. Ia pun menyapa Presiden RI ke-3 itu dengan salah satu julukannya, Mr Crack.

"Pada acara yang khidmat ini, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berterima kasih dan memberikan penghormatan yang tinggi atas dharma bakti almarhum yang tinggi kepada bangsa dan negara," ujar Jokowi saat sambutan dalam prosesi pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Jokowi juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan Habibie agar arwah almarhum diterima dan diberi tempat terbaik di sisi Allah. Presiden juga mendoakan agar Habibie husnul khatimah sesuai amal ibadah dan perjuangannya kepada Indonesia dan dunia.

"Kepada keluarga almarhum yang ditinggalkan semoga Allah senantiasa memberikan ketabahan dan kesabaran serta menerima kepergian almarhum dengan ikhlas dan tawakal," ucap Jokowi.

"Dengan meminta rida Allah, marilah kita lepas kepergian Bapak BJ Habibie menghadap Allah dengan tenang, dengan diiringi doa semoga Allah menerima amal ibadah almarhum dan mengampuni segala khilaf dan salah beliau," lanjutnya.

Jokowi lalu mengucapkan selamat jalan kepada Habibie. Ia menyapa Habibie dengan julukan Mr Crack. Julukan tersebut didapat Bapak Teknologi Indonesia itu karena penemuan-nya di dunia penerbangan, yakni crack progression theory alias teori Habibie.

Atas kontribusi besar darinya di dunia penerbangan, Habibie mendapat julukan Mr Crack. Teori tersebut dipakai untuk memprediksi crack propagation point, atau letak awal retakan pada pesawat, terutama sayap yang merupakan struktur penyangga. Dengan begitu bisa menahan tekanan, apalagi saat pesawat lepas landas (take off), mendarat (landing), dan mengalami turbulensi.

Untuk diketahui, Habibie menghasilkan temuan itu saat usianya masih 32 tahun. Ia berhasil membuat perhitungan sangat detil, sampai ke tingkat atom.

"Selamat jalan Mr crack, selamat jalan sang pionir, kami akan selalu ingat pesanmu: Jangan terlalu banyak diskusi, jangan cengeng, tetapi terjunkan diri ke nilai tambah secara konsisten, pasti Indonesia akan terkemuka di Asia Tenggara dan di dunia," tutup Jokowi.
Belajar dari Guru Bangsa

Sementara itu putra BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, mengajak bangsa ini untuk meneladani sifat ayahnya semasa hidup. Ilham mengatakan banyak yang bisa dipelajari dari BJ Habibie sang guru bangsa.

Ilham awalnya berbicara soal perjuangan Habibie di teknologi, Ilham lalu mengenang kisah cinta sang ayah dengan ibunda, Hasri Ainun Besari.

"Begitu setia Bapak dengan Ibu sampai dengan wafat dan sekarang pun dikuburkan di sebelah Ibu. Insyaallah, mudah-mudahan mereka untuk selamanya bersama berdua di sisi Allah SWT di surga, di akhirat, di alam baka. Marilah kita belajar dari seorang guru bangsa, bagaimana beliau punya sikap," kata Ilham di TMP Kalibata.

Ilham mengatakan BJ Habibie selalu mau terus belajar semasa hidupnya. Sampai jelang akhir hayat pun BJ Habibie tetap menitipkan pesan-pesan untuk keluarganya.

"Biarpun bapak sudah mau wafat, Bapak panggil keluarga untuk minta kita bagaimanapun dalam situasi apapun bersatu dan persatuan ini saya kira bisa kita terapkan kepada kita di Indonesia, keluarga Indonesia, itu penting. Kita adalah keluarga semuanya," ucap Ilham.

"Semangat ini diterapkan untuk mewujudkan cita cita bangsa, negara, umat dan dunia. Sampai jumpa di akhirat, Bapak yang tercinta. Selamat jalan dan kita mencintai Papa dan Eyang semuanya," tutur Ilham.

Dimakamkan Secara Militer
BJ Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta secara militer.

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara pemakaman. Habibie dimakamkan tepat di sebelah makam istrinya, Hasri Ainun Besari.
Jenazah Habibie diangkat oleh 8 orang personel TNI/Polri. Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan 3 kepala staf angkatan TNI yakni KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, serta KSAU Marsekal Yuyu Sutisna yang menerima jenazah Habibie untuk dimakamkan secara militer.

Tabuhan drum band mengiringi jenazah Habibie saat dibawa masuk ke kompleks pemakaman. Kemudian turut dibacakan pula riwayat hidup Habibie hingga bintang jasa luar negeri dan tanda kehormatan kenegaraan yang pernah didapat semasa hidup.

"Saya Presiden RI atas nama negara bangsa dan TNI dengan ini mempersembahkan ke persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa jasa almarhum, nama Prof Dr. Ing. H. BJ Habibie. Jabatan Presiden ke-3 RI, putra dari Bapak Awi Abdul Jalil Habibie almarhum, yang telah meninggal dunia demi kepentingan serta keluruhan negara dan bangsa pada Rabu 11/9/2019 pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto karena sakit. Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri teladan bagi kita semua dan mendapat tempat yang semestinya di alam baka," ujar Jokowi saat upacara.

Saat jenazah Habibie diturunkan ke liang lahat, bendera merah putih dibentangkan setinggi dada. Dua putra Habibie, Ilham dan Thareq ikut membantu penurunan jenazah sang ayah ke liang lahat. Penghormatan terakhir pun ditandai dengan tembakan salvo.
Sebelum liang lahat ditutup, keluarga Habibie melakukan tabur bunga. Alunan musik lagu 'Gugur Bunga' menambah haru prosesi pemakaman.

Sepanjang upacara, para keluarga, kerabat, personel TNI, para tokoh dan warga mendampingi prosesi dikebumikannya sang bapak teknologi Indonesia itu. Tampak beberapa di antaranya Wapres Jusuf Kalla (JK), Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Selain itu ada pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menag Lukman Hakim Saifuddin, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menko Polhukam Wiranto, Menaker Hanif Dhakiri, Menko PMK Puan Maharani, Menkeu Sri Mulyani, Menristek Dikti M Nasir, Mensos Agus Gumiwang, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Edhie Baskoro (Ibas) Yudhoyono, hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Menag Lukman akan membacakan doa di akhir upacara.

Doakan Almarhum
Sebelumnya Presiden Jokowi kembali takziah ke kediaman almarhum BJ Habibie. Ini merupakan penghormatan kepada Presiden ke-3 RI itu.

"Pagi hari ini saya kembali takziah di kediaman, rumah duka, almarhum Bapak Prof BJ Habibie meskipun tadi malam saya juga sudah ke RSPAD," kata Jokowi di rumah duka BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

"Ini adalah sebuah penghormatan besar kita seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah pada pengabdian beliau pada bangsa dan negara," sambungnya.

Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia mendoakan almarhum BJ Habibie. Pemerintah juga telah menetapkan Hari Berkabung Nasional hingga 14 September 2019.

"Kita semua, seluruh masyarakat Indonesia, saya ajak berdoa bersama-sama agar arwah beliau diterima Allah SWT, di tempat paling baik di sisinya," ungkap Jokowi.

PM Australia Berbela Sungkawa

Perdana Menteri Australia Scott Morrison turut berbela sungkawa atas meninggalnya Bacharuddin Jusuf Habibie. Dia mengatakan Habibie merupakan sosok yang pemberani dan visioner.

"Duka cita mendalam atas kepergian Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie," kata Morrison lewat akun Twitter-nya, @ScottMorrisonMP, Kamis (12/9).

Dia menyampaikan Habibie telah berperan besar saat era reformasi di Indonesia. Kepemimpinan Habibie bahkan sangat dihargai Australia.

"Keberaniannya dan visinya selama periode reformasi sangat diapresiasi di Australia. Pikiran kami bersama keluarga dan orang-orang terkasih," kata Morrison.

Tahlilan
Sementara itu keluarga akan menggelar tahlilan untuk BJ Habibie selama 40 hari ke depan. Tahlilan dimulai kemarin malam.
"Ada tahlil sampai 40 hari ke depan," ujar pengawal Habibie, Hendro Sukirtio.

Hendro menyebut tahlilan akan dimulai bakda Isya. Tahlilan digelar langsung di kediaman Habibie.
"Habis Magrib kan tamu datang biasanya, tapi mulainya habis Isya," tuturnya.

Pantauan di lokasi, di halaman rumah Habibie sudah digelar karpet merah. Tenda juga masih terpasang sejak semalam.
Hendro menuturkan tahlilan dibuka untuk umum dan keluarga.

"Umum untuk pengajian yang di lingkungan sini, minimal 40-lah. Tapi yang lain mau masuk silakan," ujarnya. (detikcom/c)
T#gs Selamat Jalan Mr CrackBJ Habibie
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments