Selasa, 29 Sep 2020
  • Home
  • Headlines
  • Lahan Pemakaman Covid-19 Telah Disiapkan di Langkat

Kasus Covid-19 di Sumut 4.693 Orang

Lahan Pemakaman Covid-19 Telah Disiapkan di Langkat

Sabtu, 08 Agustus 2020 09:56 WIB
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi.

Ilustrasi Pemakaman 

Medan (SIB)
Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Sumut dalam sehari pada Jumat 7 Agustus 2020, telah bertambah 216 orang. Sehingga jumlah pasien terkonfirmasi saat ini sudah mencapai 4.693 orang.

"Jumlah pasien yang sembuh total 1.911 orang, sehari sebelumnya 1.859 orang," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumut, Mayor Kes dr Whiko Irwan D SpB kepada wartawan di Medan, Jumat malam.

Selanjutnya, kata dia, yang mengalami suspek total 515 orang atau sama dari hari sebelumnya. Sedangkan yang meninggal 222 orang, sehari sebelumnya 213 orang. Kemudian jumlah spesimen juga bertambah, sehingga total 25.849 sampel dan sehari sebelumnya 24.858 sampel.

Dia mengatakan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumut meminta agar masyarakat untuk selektif dan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas di luar rumah dan beberapa tempat yang terindikasi memiliki peluang yang sangat besar untuk terjadinya penularan Covid-19.

Dia juga mengajak masyarakat untuk saling mengingatkan pada yang lain akan komitmen melaksanakan protokol kesehatan. "Kita ketahui bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, ketentuan-ketentuan pencegahan ini kami informasikan dalam bentuk protokol kesehatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan Pemprov Sumut telah menyiapkan 8 hektare lahan pemakaman khusus bagi jenazah pasien yang meninggal akibat terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Langkat.

Dia mengatakan, lahan di Langkat tersebut disiapkan supaya proses pemakaman yang meninggal akibat Covid-19 dari kabupaten-kota yang dirawat di Medan bisa lebih cepat.

"Selama ini yang meninggal itu bukan orang Medan saja, ada juga dari daerah lain. Kalau pemakaman khusus di Simalingkar itu banyak prosedurnya, karena harus minta izin ke Medan dulu, harus apa dari kabupaten/kotanya dulu. Kasihan keluarganya, jadi pak gubernur prihatin dengan itu, jadi beliau sebagai Ketua Satgas Covid-19 Sumut merasa itu satu hal yang harus dicarikan jalan keluar," ujarnya.

Alwi Hasibuan juga mengatakan, boleh saja jenazah pasien terkait Covid-19 yang wafat dimakamkan sesuai permintaan keluarganya, asalkan peti jenazahnya itu tidak dibuka lagi demi mencegah penyebaran virus corona.

Dia menjelaskan, lahan pemakaman baru itu sedang dalam proses persiapan. Saat ini Pemprov Sumut sedang menyiapkan akses jalan dan keperluan lain di lokasi tersebut. (M11/M17/d)

T#gs Kasus Covid-19lahanLangkatpemakaman covid-19
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments