Sabtu, 17 Agu 2019
  • Home
  • Headlines
  • Kubu Jokowi dan Prabowo Diminta Tunggu KPU, Jangan Klaim Hasil Pilpres

Kubu Jokowi dan Prabowo Diminta Tunggu KPU, Jangan Klaim Hasil Pilpres

admin Sabtu, 20 April 2019 10:22 WIB
Ketua SETARA Institute, Hendardi
Jakarta (SIB) -Pemungutan suara Pilpres 2019 usai dan hasil hitung cepat (quick count) telah keluar di sejumlah lembaga survei. Pendukung dari kedua kubu capres, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto, diminta tidak mengklaim hasil pilpres sebelum pengumuman resmi yang dikeluarkan KPU.

"Untuk menghindari potensi ketegangan baru antarpendukung, semua pihak tidak melakukan klaim-klaim dan perayaan berlebihan. Semua pihak tetap menunggu proses penghitungan manual yang dilakukan oleh KPU. Jika Jokowi hanya bersyukur atas QC (quick count), Prabowo justru menentang. Ini suatu sikap normatif para calon dalam merespons hasil pemilihan, yang diharapkan tidak membakar emosi pendukung," ujar Ketua SETARA Institute, Hendardi, dalam keterangan tertulis, Kamis (18/4).

Seperti diketahui, Jokowi-Ma'ruf Amin unggul atas Prabowo-Sandi berdasarkan hasil quick count sejumlah lembaga survei. Hendardi menyebut hasil quick count bisa dijadikan acuan untuk menyimpulkan kemenangan salah satu kontestan.

"Berdasarkan hitung cepat (quick count/QC) Jokowi Ma'ruf unggul atas Prabowo Sandi di kisaran angka 10%. QC adalah indikator dari penghitungan secara keseluruhan suara rakyat dalam pemilu yang diambil dengan menggunakan teknik sampling dari real count perolehan suara di TPS. Oleh karena itu, QC yang dirilis oleh berbagai lembaga survei bisa dijadikan acuan untuk menyimpulkan keunggulan pasangan 01," katanya.

"Sebagai sebuah produk pengetahuan ilmiah, QC telah diterima dalam praktik demokrasi dan teruji validitasnya sebagai instrumen pengawasan penghitungan dari potensi kecurangan. Oleh karena itu, produk QC harus dibela. Bukan membela lembaga survei atau pasangan 01, tetapi membela suara rakyat yang sudah dihitung secara cepat," imbuh Hendardi.

Merespons hasil yang bermunculan, sebelumnya Jokowi menegaskan tetap menunggu hasil resmi dari KPU. Sedangkan Prabowo mengklaim menang 62% berdasarkan hasil real count internal. (detikcom/l)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments