Jumat, 13 Des 2019

Kosta Rika Buat Kejutan Lolos ke 16 Besar

Sabtu, 21 Juni 2014 09:38 WIB
SIB/AP Photo/Ricardo Mazalan
Kiper Italia Gianluigi Buffon (1) melompat menghalau bola saat menghadapi Kosta Rika pada penyisihan Grup D Piala Dunia di Arena Pernambuco, Recife, Jumat (20/6).
Recife, Brasil (SIB)- Kosta Rika membuktikan dirinya bukan sebagai pengembira di Piala Duynia 2014, berada di grup neraka Grup D bersama Italia, Uruguay dan Inggris, Los Ticos julukan Kosta Rika, mampu mengimbangi permainan tim sekelas Italia dengan menang 1-0 di Pernambucano Arena Recife, Jumat (20/6) malam. Dengan kemenangan ini Kosta Rika lolos ke 16 besar dengan nilai 6 memimpin Grup D.

Kosta Rika kembali membuat kejutan, sebelumnya mengalahkan Uruguay 3-1, penampilan tim asuhan Jorge Luis Pinto asal Kolombia ini cukup rapi menyusun serangan dan meredam serangan tim Italia.

Turun dengan susunan pemain seperti menghadapi Uruguay, Kosta Rika diperkuat Bryan Ruiz (Fulham) dan Joel Cambell ( Arsenal) mampu meredam pemain andalan Italia seperti Mario Balotelli. Sementara benteng pertahanan Italia Andre Pirlo harus kerja keras meredam serangan Kosta Rika.

Bryan Ruiz sebagai penentu kemenangan Kosta Rika pada menit 44 melalui sundulan memanfaatkan uman Junior Diaz. Kiper andalan Italia Gianluigi Buffon yang absen saat menghadapi Inggris dan sebagai kapten pada pertandingan ini tak mampu menghalau bola yang masuk ke gawangnya dengan menyentuh mistar, bola melewati garis gawang. Wasit Enrigue Osses dari Chile sempat menbuka jam di tangannya yang bergetar untuk membuktikan bola masuk melalui alat khusus arloji gol control.

Pendukung Kosta Rika yang jumlahnya lumayan banyak bersorak menyambut gol kemenangan timnya itu. Sementara fans Italia yang jumlahnya lebih banyak tertunduk. Kekalahan Italia ini bereaksi terhadap Inggris yang mengharapkan Kosta Rika kalah dengan harapan bisa menang pada pertandingan terakhir dengan Kosta Rika.

Awal babak pertama Italia menguasai permainan, serangan gencar dilakukan lewat Mario Balotelli, Andrea Pirlo dan Claodio Marchisio. Menit 30 Balotelli lepas dari jebakan offside dan pengawalan pemain belakang Kosta Rika. Dia sudah berhadapan dengan kipper Kosta Rika Keylor Navas namun sontekan bolanya melebar ke samping gawang.

Ancaman terus dilakukan Balotelli, menit 32 striker klub AC Milan ini  lepas dari kawalan, dia mendapat umpan terukur dari Andrea Pirlo lalu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti tapi berhasil diblok Keylor Navas. Terus mendapat tekanan Kosta Rika mulai berbenah dan merubah pola permainan. Menit ke 35  tim Amerika Latin ini mulai bangkit dan bisa membaca pergerakan Italia, serangan demi serangan mulai mereka susun.

Italia asik menyerang tapi lupa menjaga pertahanan, Kosta Rika mulai mengancam Azzurri. Sebuah tendangan keras Christian Bolanos dari luar kotak penalti mengejutkan Italia, untung saja Gianluigi Buffon cepat mengantisipasi arah bola dan dapat membuangnya ke luar lapangan.

Lagi serangan Kosta Rika datang di menit 41, umpan lambung Bryan Ruiz ditanduk Oscar Duarte yang berdiri di wilayah penalty Italia. Dalam kepungan pemain Italia nomor punggung 6 Kosta Rika ini mampu menyudul bola tapi sayang bola melewati mistar.

Di masa injury time tersebut Kosta Rika makin mengintensifkan serangan, menit ke 42 pemain nomor 9 Joel Campbell dijatuhkan di dalam kotak penalti Italia, namun wasit Enrique Osses dari Cili tidak mengaggapnya sebagai pelanggaran.

Akhirnya Kosta Rika berhasil memecahkan kebuntua, menit ke 44, Junior Diaz melepaskan umpan keras dari sektor kiri. Bola yang datang dengan deras dan melengkung disambar lewat sundulan Bryan Ruiz, bola menyentuh mistar dan melewati garis gawang. Wasit Enrique Osses mensahkan bola masuk, unggullah Kosta Rika 1-0 sampai babak pertama usai.

Dengan kekalahan ini nasib Italia ditentukan pada pertandingan terakhir menghadapi Uruguay. Italia harus menang agar bisa melaju ke 16 besar.

Simak berita lainnya di Harian Umum Sinar Indonesia Baru (SIB). Atau akses melalui http://epaper.hariansib.co/ yang di up-date setiap hari pukul 13.00 WIB.
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments