Kamis, 12 Des 2019
  • Home
  • Headlines
  • Komisi III DPR Setuju Amnesti Jokowi untuk Baiq Nuril

Komisi III DPR Setuju Amnesti Jokowi untuk Baiq Nuril

admin Kamis, 25 Juli 2019 09:37 WIB
Ant/Rivan Awal Lingga
AMNESTI BAIQ NURIL: Terpidana kasus pelanggaran Undang-Undang Transaksi dan Informasi Elektronik (UU ITE) Baiq Nuril Maknun (tengah) menyaksikan rapat kerja Komisi III DPR dengan Menkumham di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/7) yang menyetujui surat pertimbangan Presiden Joko Widodo tentang pemberian amnesti untuknya.
Jakarta (SIB) -Komisi III DPR menyetujui surat pertimbangan amnesti dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Baiq Nuril. Persetujuan itu disepakati secara aklamasi dalam rapat pleno, Rabu (24/7) sore oleh seluruh fraksi.

"Perlu kami sampaikan bahwa Komisi III DPR RI telah melakukan pleno dan alhamdulillah kepada Saudari Nuril telah diputus dan diberi pandangan dari 10 fraksi dan dihadiri 6 fraksi secara aklamasi dapat memberikan pertimbangan kepada presiden untuk dapat diberikan amnesti kepada Saudari Nuril," kata Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (24/7).

Selanjutnya, persetujuan amnesti itu akan disahkan lewat rapat paripurna DPR yang akan digelar pada Kamis (25/7) hari ini. Keputusan Komisi III DPR akan dibawa ke rapat Badan Musyawarah (Bamus).

"Besok mudah-mudahan bisa dibacakan di paripurna hasil pleno Komisi III DPR RI yang telah kami ambil keputusannya untuk dapat memberikan persetujuan pemberi amnesti kepada Saudari Nuril dalam hal terkait amnesti," ucap Aziz kemarin.

Menangis Bahagia
Tangis Baiq Nuril pecah usai mendengarkan keputusan Komisi III DPR yang menyetujui pemberian amnesti untuk dirinya. Ia tak henti mengucapkan terima kasih.

"Alhamdulillah, Alhamdulillah. Mungkin tunggu besok (Kamis) ya, 25 Juli untuk pembacaan di sidang paripurna. Mudah-mudahan. Alhamdulillah...," kata Baiq sambil terisak.

Ia tak banyak berkata-kata. Air mata Baiq tidak henti menetes.

"Saya hanya bisa bilang terima kasih, terima kasih, terima kasih," ujarnya.

Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka yang mendampingi Baiq terus menenangkannya. Usai putusan dibacakan, Baiq juga sempat menghampiri anggota dewan Komisi III untuk bersalaman.

Wakil Ketua Komisi III F-Demokrat Erma Suryani Ranik memberikan selamat kepada Baiq dan memeluknya. Sejumlah rekan Baiq dan anggota Komisi III lainnya juga ada yang tampak memberikan pelukan semangat kepada Baiq.

Rieke yang selama ini mendampingi Baiq turut mengucapkan terima kasih. Ia berterima kasih kepada Presiden Jokowi serta Komisi III DPR dan selanjutnya berharap surat pemberian amnesti untuk Baiq segera keluar.

"Terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo yang gigih hingga berkirim surat kepada kami di DPR. Terim akasih juga kepada Komisi III DPR atas aklamasi pertimbangan dukungan rencana diberikannya amnesti kepada saudara Ibu Baiq Nuril," kata Rieke. (detikcom/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments