Sabtu, 24 Agu 2019
  • Home
  • Headlines
  • Koalisi Jokowi Diminta Segera Konsolidasikan "Penguasaan" DPR dan MPR

Koalisi Jokowi Diminta Segera Konsolidasikan "Penguasaan" DPR dan MPR

admin Kamis, 16 Mei 2019 09:59 WIB
Ilustrasi
Jakarta (SIB) -Pengamat politik Arif Susanto menilai, kubu Jokowi perlu segera mengonsolidasikan kekuatannya untuk menentukan pimpinan DPR dan alat kelengkapan dewan. Hal itu penting karena tugas DPR juga sangat strategis ke depan.Konsolidasi ini semakin mendesak bila kubu Jokowi juga ingin menampung partai-partai politik yang membelot dari kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut Arif Susanto, konsolidasi dini menjadi kebutuhan utama pemerintah berikut anggota koalisi agar tidak mengalami kesulitan berarti berhadapan dengan DPR. Dalam konteks ini, pertama-tama anggota koalisi pemerintah perlu memastikan proporsi dominan mereka dalam komposisi keanggotaan DPR. Kedua, mengambil posisi-posisi strategis pimpinan DPR.

"Terkait yang pertama, pemerintah berkepentingan untuk memperluas koalisi, termasuk dengan menggandeng partai yang sebelumnya mendukung Prabowo. Tantangannya adalah bagaimana hal itu tidak mengganggu soliditas koalisi dan dapat membantu efektivitas kinerja kabinet serta memperkuat posisi tawar pemerintah berhadapan dengan DPR," kata Arif Susanto di Jakarta, Rabu (15/5).

Sementara untuk masalah kedua, Arif yang juga pengajar komunikasi politik pada Universitas Paramadina Jakarta ini mengemukakan, posisi pimpinan menjadi penting bukan sekadar untuk mengatur lalu lintas persidangan DPR, tetapi juga untuk memengaruhi wacana yang berkembang di dalam maupun di luar parlemen. Meskipun demikian, determinasi terhadap dinamika politik parlemen dan isu legislasi lebih berpengaruh dibandingkan sekadar penguasaan kursi pimpinan. (SP/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments