Rabu, 03 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran
  • Home
  • Headlines
  • Ketua DPRDSU Minta PDAM Tirtanadi Gratiskan Pembayaran Air Selama Tiga Bulan

Ketua DPRDSU Minta PDAM Tirtanadi Gratiskan Pembayaran Air Selama Tiga Bulan

redaksisib Sabtu, 04 April 2020 09:44 WIB
nusa bali

Ilustrasi    

Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting meminta manajemen PDAM Tirtanadi Medan untuk menggratiskan tagihan pembayaran air kepada pelanggan selama tiga bulan (terhitung sejak April - Juni). Hal itu sebagai bentuk empati terhadap masyarakat kondisi ekonominya tengah terdampak virus Corona (Covid-19).

"Seperti diketahui, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan stimulus ekonomi kepada masyarakat menengah ke bawah yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satu item stimulusnya yaitu pembebasan biaya listrik 3 bulan untuk 24 juta pelanggan listrik 450 VA, dan diskon 50 persen untuk 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi," ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Jumat (3/4) di DPRD Sumut.

Kebijakan yang telah dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) yang ditandatangani Presiden Joko Widodo itu diharapkan dapat diikuti PDAM Tirtanadi Sumut, dengan menggratiskan tagihan air kepada pelanggan yang sangat terdampak oleh virus Corona.

"Semestinya PDAM Tirtanadi menerapkan stimulus serupa untuk membantu masyarakat pelanggan yang memang ekonominya sedang lemah akibat dampak Covid-19 ini," tandas Baskami seraya berharap kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan jajaran Direksi PDAM Tirtanadi untuk memertimbangkan stimulus ini, guna mengurangi beban derita masyarakat.

Politisi PDI Perjuangan ini menyarankan beberapa hal sebelum kebijakan dimaksud dapat diterapkan di lapangan. Pertama, PDAM Tirtanadi diminta memetakan semua jumlah pelanggannya di daerah ini. Kemudian gubernur secepatnya mengeluarkan Pergub sebagai payung hukumnya.

"Acuannya bisa diadopsi dari kebijakan Presiden. Untuk yang stimulus dispensasi pembayaran pelanggan PDAM Tirtanadi, juga dapat dibagi sesuai pemetaan, yakni pelanggan dalam kategori ekonomi menengah ke atas, ada yang ekonomi menengah ke bawah.
"Tidak ada yang susah, terpenting ada kemauan dan Gubernur Sumut segera keluarkan Pergubnya, supaya ada landasannya. Seperti Perppu yang telah diterbitkan Presiden," terangnya.

Dalam situasi saat ini, ujar Baskami, PDAM Tirtanadi sebaiknya berkontribusi kepada masyarakat sebagai wujud rasa prihatin terhadap bencana kemanusiaan yang tengah dihadapi masyarakat dengan memberi dispensasi pembayaran tagihan air terhadap para pelanggannya. (M03/c)
T#gs Gubernur Sumut Edy RahmayadiKetua DPRD Sumut Drs Baskami GintingPDAM TirtanadiPembayaran AirPerppuTiga BulanMedan
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments