Sabtu, 22 Feb 2020
  • Home
  • Headlines
  • Kementerian Pariwisata Ajak SIB Dukung Publikasi Kawasan Danau Toba

Kementerian Pariwisata Ajak SIB Dukung Publikasi Kawasan Danau Toba

redaksi Jumat, 29 November 2019 10:28 WIB
SIB/Dok
SALAM KREATIF: Kabiro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan tim foto bersama wartawan Roy Marisi Simorangkir sembari menunjukkan salam kreatif usai mengunjungi Harian SIB di Jalan Brigjen Katamso Medan, Kamis (28/11).
Medan (SIB)
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengajak Harian SIB untuk mendukung pemberitaan dan publikasi kawasan Danau Toba, yang merupakan satu dari lima destinasi wisata di Indonesia. Harapan itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Wishnutama Kusubandio melalui Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Mariaman Purba bersama tim ketika mendatangi Harian SIB Jalan Brigjen Katamso Medan, Kamis (28/11).

"Kedatangan kami untuk mengajak Harian SIB membantu dan mendukung pemerintah dalam mempersiapkan pengembangan kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata. Harian SIB sudah sangat terkenal sebagai salah satu media terbaik di Sumut, yang masih terus eksis meski saat ini pertumbuhan media di era digital sangat pesat," ujar Mariaman didampingi tim yang terdiri atas Andra Hutagaol, Imam Arif dan Vandreko Vankas Bagaskara.

Dikatakan, saat ini pengembangan kawasan Danau Toba sebagai tujuan wisata para wisatawan mancanegara (Wisman) menjadi super prioritas di mata pemerintah. Diharapkan, Danau Toba dan empat destinasi wisata lainnya dapat menjadi tujuan wisman yang diprediksi mencapai 20 juta orang di tahun 2020.

Menurutnya, perlu dilakukan persiapan untuk menyambut kedatangan para Wisman. Untuk itu, katanya, pihaknya akan berkoordinasi dengan semua kementerian dan stakeholder terkait untuk membangun infrastruktur di kawasan danau yang merupakan salah satu peninggalan sejarah penting.

Ditambahkan, tertariknya Wisman untuk mengunjungi salah satu danau terbesar di dunia itu akan sangat berdampak positif bagi Sumut, khususnya kawasan sekitar Danau Toba. Selain dikenal dan diminatinya kuliner khas daerah kawasan Danau Toba, sejumlah produk kreatif seperti kerajinan tangan dapat menjadi cinderamata istimewa bagi siapapun yang datang.

"Selain itu diharapkan, tenunan ulos yang merupakan ciri khas daerah itu juga akan menjadi pilihan fashion yang mendunia. Bahkan, indahnya suara dan kreatifitas bermusik suku Batak yang sudah terkenal dapat semakin dikembangkan," tambahnya.
Untuk mewujudkan hal itu, akunya, semua pihak diharapkan dapat duduk bersama dan mempersiapkan yang terbaik bagi pengembangan Danau Toba. Menurutnya, pengembangan Danau Toba merupakan tugas bersama. Bila semua pihak tidak bekerjasama dalam mengerjakannya, semuanya akan sia-sia.

Secara khusus Mariaman menyebutkan, pihaknya sangat berharap dukungan Harian SIB yang dikenal independen dan memiliki pembaca setia terbesar di kawasan Danau Toba. Menurutnya, dukungan itu dapat berupa peliputan kegiatan-kegiatan semua pihak yang berhubungan dengan pembangunan dan pengembangan di kawasan Danau Toba.

"Kami sangat berharap Harian SIB dan media di Sumut berkenan meliput kegiatan dan keadaan di Danau Toba. Contohnya, media dapat meliput serta memberitakan pembangunan jalan dan infrastruktur lainnya di kawasan Danau Toba, sehingga masyarakat dan Wisman mengetahui kondisi di kawasan Danau Toba. Kami meyakini, kunci keberhasilan eksploitasi informasi tentang Danau Toba yaitu melalui media. Karena itu, kami hadir mengajak media untuk bersama-sama membangun Sumut, khususnya kawasan Danau Toba," jelasnya. (M15/t)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments