Senin, 21 Okt 2019

Sekjen MK Serahkan Bukti Ke Penyidik KPK

Kekayaan Akil Diduga Capai Ratusan Miliar Rupiah

Selasa, 21 Januari 2014 09:43 WIB
SIB/antara
PEMERIKSAAN KASUS AKIL MOCHTAR: Anggota DPR Irna NarulitaDimyati menjawab pertanyaan wartawan usai menjalani pemeriksaan penyidik KPK di Gedung KPK, Jakarta, Senin (20/1). KPK memeriksa politikus PPP Irna NarulitaDimyati sebagai saksi dalam kapaistasnya s
Jakarta (SIB)- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Mahkamah Konstitusi (MK) Djanedri M Gafhar mengungkapkan dirinya telah menyerahkan bukti setoran gaji milik tersangka mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar kepada Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Akil Mochtar ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan kasus pencucian uang dalam penanganan sengketa Pilkada di MK.

"Jadi tadi saya diminta bukti setor transfer gaji Pak Akil ke Bank BRI, saya sudah serahkan semuanya," kata Sekjen MK, Djanedri M Gafhar kepada wartawan usai diperiksa tim penyidik KPK, Senin (20/1).

Djanedri menjelaskan penyerahan bukti setoran gaji milik Akil Mochtar kepada penyidik diduga untuk melengkapi bukti-bukti.

"Ya tanya ke penyidik kalau alasannya diminta. Yang jelas sebagai alat bukti untuk melengkapi bukti-bukti semuanya," bebernya.

Terkait kekayaan yang dimiliki, Akil Mochtar yang diduga mencapai ratusan miliar, Djanedri bersikeras tak mau menjawabnya.

"Saya tidak sampai ke situ saya ditanya mengenai bukti setor," ujarnya sambil menambahkan, dirinya juga tidak bisa menjelaskan secara rinci berapa banyak uang yang disetor dari MK ke Akil Mochtar," pungkasnya.

Seperti diketahui dalam kasus ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), telah memanggil sejumlah pejabat atau kepala daerah untuk dimintai keterangannya sebagai saksi terkait dugaan adanya permintaan dari Akil Mochtar guna pemenangan kasus sengketa pilkada yang bergulir di MK.

Selain adanya sangkaan gratifikasi, tim penyidik KPK juga sedang melengkapi berkas penyidikan terkait dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan mantan Ketua MK, Akil Mochtar.

Menurut Kepala bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha saat dikonfirmasi, di Jakarta, Senin (20/1), Sekjen MK diperiksa sebagai saksi.
"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AM (Akil Mochtar)," katanya.

Selain, Djanedri, tim penyidik KPK juga melakukan pemeriksaan terhadap Sekretaris Pribadi Akil Mochtar, Yuanna Sisilia dan seorang anggota kepolisian, Indah Agustin.

"Mereka diperiksa sebagai saksi," tukasnya.

Mantan ketua MK tersebut, diduga seringkali menerima pemberian hadiah baik berupa barang maupun uang. Akil sendiri dalam kasus ini, KPK telah melakukan sidik dalam perkara Pasal 12B Undang-Undang No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU No 21 Tahun 2001 tentang pasal Gratifikasi. (BAS/d)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments