Senin, 10 Agu 2020
  • Home
  • Headlines
  • Kejari Tebingtinggi Tahan PPTK Pekerjaan Tanggul Sungai Sei Padang, APBD 2013 Rp 1,5 Miliar

Kejari Tebingtinggi Tahan PPTK Pekerjaan Tanggul Sungai Sei Padang, APBD 2013 Rp 1,5 Miliar

Kamis, 09 Juli 2020 10:47 WIB
Foto SIB/Humala Siagian

GIRING: Kasi Pidsus Kejari Tebingtinggi mengiring PN tersangka baru pengerjaan tanggul Sungai Sei Padang ke mobil tahanan, Rabu (8/7). 

Tebingtinggi (SIB)
Setelah Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Rekanan di Tahan, Kini giliran PPTK berinisial PN yang jadi tersangka dan ditahan Kejaksaan Negeri Tebingtinggi atas kasus korupsi pengerjaan pembuatan tanggul Sungai Sei Padang, senilai Rp1,5 miliar yang bersumber dari APBD Pemerintah Kota Tebingtinggi Tahun 2013.
“Ia benar kita ada menahan PPTK inisial PN. Penahan PN karena sudah cukup alat bukti dan ini pengembangan SY yang sempat buron dan kita sudah tangkap beberapa bulan lalu,” ujar Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Tebingtinggi Chandra Syahputra SH MH didampingi Kasi Intel Ranu Wijaya SH, Rabu sore (8/7) kepada wartawan.

Chandra Syaputra, mengatakan, sebelum dilakukan penahanan terhadap tersangka terlebih dahulu pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan dan juga rapit test.

“Tersangka untuk sementara kita titipkan di Tahanan Polres Tebingtinggi, karena lapas masih menolak tahanan baru masuk ke dalam di masa pandemi ini,” ujar Chandra.

Penahan PN adalah tindak lanjut setelah DPO SY ditangkap dalam kasus yang sama. SY adalah Wakil Direktur CV Safitri, perusahan atau rekanan yang memenangkan lelang pengadaan pekerjaan proyek tersebut.

“Kasus ini telah kita proses sejak Tahun 2016 yang merupakan pengaduan dari masyarakat. Dalam proses penyidikan kita menemukan ada tindak pidana korupsi dalam proyek itu. Kerugian keuangan negara dalam perkara ini senilai Rp150 juta,” ujar Chandra.

Dijelaskan Chandra, terhadap kasus ini ada tiga orang tersangka, satu orang KPA sudah divonis Pengadilan Tipikor Medan, dan kasusnya telah inkrah Tahun 2017 lalu dengan putusan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara

Namun saat wartawan menanyakan apakah ada penambahan tersangka atas perkara tersebut, Chandra mengatakan, melihat perkembangan di persidangan. “Kalau di persidangan terungkap fakta baru ya tidak tertutup kemungkinan,” ujar Chandra. (BR3/d)

T#gs Kejari TebingtinggiPPTK
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments