Jumat, 14 Agu 2020

Kebiasaan 13 Orang Sukses, Kerja Sebelum Tidur

Minggu, 07 September 2014 11:14 WIB
Ritual-  tidur memiliki dampak serius pada kesuksesan anda. Itu karena hal terakhir yang Anda lakukan sebelum tidur mempengaruhi tingkat suasana hati dan energi anda pada hari berikutnya. Lalu bagaimana orang paling sukses menghabiskan malam mereka sebelum menyerah untuk tidur? Ternyata beberapa diantara mereka - seperti Presiden Obama dan penulis Michael Lewis - lebih memilih untuk bekerja di malam hari sementara sebagian dunia tidur.
Presiden Amerika Serikat Barack Obama dijuluki "burung hantu" karena suka bekerja hingga larut malam. Tidak seperti pendahulunya, George W. Bush yang lebih suka bangun pagi lebih cepat, Obama selalu bangun terlambat. Ini mungkin bisa dimaklumi Obama kerap mengadakan pertemuan dengan para stafnya hingga pukul 11:00 malam dan membaca atau menulis sebelum tidur.

Dalam sebuah wawancara 2011 dengan Newsweek, Obama menyebut dirinya seorang "burung hantu" dan menggambarkan malam khasnya: "Makan malam dengan keluarga, bercengkerama dengan anak-anak, dan menempatkan mereka ke tempat tidur sekitar pukul 8:30 malam. Kemudian biasanya aku akan membaca makalah pengarahan atau menulis beberapa hal hingga sekitar pukul 11.30 malam, dan kemudian saya biasanya memiliki waktu senggang sekitar setengah jam untuk membaca sebelum pergi tidur sekitar pukul 00.30 dini hari.” Obama juga mengatakan bahwa jika dia pulang larut malam, dia akan menonton tayangan program "The Daily Show."

Sementara Benjamin Franklin dalam otobiografinya menguraikan jadwal yang akan membawanya ke "kesempurnaan moral." Dalam jadwal tersebut, Franklin bertanya pada dirinya sendiri setiap malam: "Apakah bermanfaat yang telah saya lakukan hari ini?" Dia juga melakukan ritual lain sebelum tidur yaitu "meletakkan segala sesuatu pada tempatnya, makan malam, mendengar musik atau pengalihan dengan percakapan, dan memeriksa hasil pekerjaan.”

COO Facebook Sheryl Sandberg mematikan teleponnya setiap malam setelah selesai bekerja. Walau bekerja  di perusahaan teknologi, tapi Sheryl tahu kapan harus mematikan HP-nya. Saat diwawancarai Jefferson Graham dari USAToday, Sheryl mengatakan hal mematikan HP memang "menyakitkan," tapi sangat berguna sehingga saya "tidak akan terganggu.” Sandberg juga mengatakan “memeriksa email adalah hal pertama yang saya lakukan setelah bangun dan hal terakhir sebelum pergi tidur.”

Lain lagi dengan tindakan yang dilakukan mantan PM Inggris Winston Churchill. Mason Currey dalam  bukunya berjudul "Daily Rituals: How Artists Work," dia mencatat jadwal Churchill: Sekitar pukul 05:00 sore perdana menteri akan minum wiski dan soda sebelum tidur siang selama satu setengah jam. Churchill mengatakan tidur siang singkat memungkinkannya untuk bekerja selama 1,5 hari setiap 24 jam. Ketika terbangun, dia akan mandi dan bersiap-siap untuk makan malam. Pada pukul 20:00, Churchill akan makan malam yang kemudian dilanjutkan dengan menghisap cerutu hingga lewat tengah malam. Karena jadwal tidur yang tidak teratur itu, Churchill dikabarkan mengadakan pertemuan Kabinet Perang di kamar mandinya.

Stephen King memiliki rutinitas malam diantaranya mencuci tangan dan memastikan semua bantal diletakkan pada arah tertentu. "Ini tidak berbeda dari rutinitas tidur," kata King dalam buku "Haunted Heart: The Life and Times of Stephen King” karya Lisa Rogak.

"Aku gosok gigi dan mencuci tangan. Mengapa ada orang yang mencuci tangan sebelum pergi tidur? Saya tidak tahu. Dan bantal seharusnya mengarah ke tempat tertentu. Sisi terbuka seharusnya akan mengarah ke sisi lain dari tempat tidur. Aku tidak tahu mengapa. "

Arianna Huffington hanya membaca buku sebelum tidur. Huffington mematikan iPads, laptop dan semua alat-alat elektronik di kamar tidur. Sebaliknya, dia suka membaca “cara kuno” yakni membaca buku. Sedangkan Michael Lewis lebih suka menulis antara jam 19:00 malam hingga 04:00 dini hari. "Saya akan mulai menulis mulai pukul 7 malam dan berhenti pukul 04:00 dini hari," kata Lewis

Mantan karyawan Google Keval Desai bekerja pada malam hari, sehingga ia bisa berkonsentrasi. Desai, mantan direktur produk Google dan mitra di InterWest Partners, mengatakan bahwa begadang adalah kebiasaannya. Desai mengatakan dirinya suka memilih salah satu proyek per malam dan tidak pergi ke tempat tidur sampai proyek tersebut selesai.

"Sebagian besar waktu saya di siang hari dihabiskan menggelar pertemuan dengan pengusaha, dan satu-satunya waktu saya melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tertentu adalah ketika seluruh keluarga sedang tidur," katanya.

Mantan editor majalah Cosmo, Kate White, suka menulis sambil berdiri di dapur. Sebagai editor majalah, White lebih suka bekerja di pagi hari dan beralih ke editing majalah dan blogging di malam hari.

Pemilik Microsoft Bill Gates suka membaca selama satu jam sebelum tidur. Kepada harian Seattle Times, Gates mengatakan: "Saya membaca buku satu jam setiap malam. Buku yang saya baca berkisar dari kesehatan, perubahan iklim, bisnis dan politik”. Gates menganggap dirinya seorang pembaca sangat cepat, meskipun tidak pernah mengambil kursus membaca cepat.

Vera Wang menggunakan malam hari yang dianggapnya suasana "damai" untuk memeriksa hasil kerja para stafnya. "Kamarku adalah tempat kudus-ku. Ini seperti ruang tenang di mana saya melakukan cukup banyak kegiatan" ujarnya.

CEO Buffer Joel Gascoigne mengaku berjalan selama 20 menit setiap malam sebelum tidur. "Ini adalah periode di mana saya mengevaluasi pekerjaan sehari-hari, berpikir tentang tantangan yang lebih besar dan secara bertahap berhenti berpikir tentang pekerjaan setelah merasa kelelahan berjalan," tulisnya dalam posting blog. Kenneth Chenault, CEO American Express, suka menuliskan tiga hal yang ia ingin capai pada hari berikutnya. Ini membantu dia memprioritaskan hal pertama keesokan harinya. (yahoo.com/R15/i)
T#gs Sukses
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments