Kamis, 13 Agu 2020
  • Home
  • Headlines
  • Kapal Penyelundup Tabrak Kapal Patroli BC di Perairan Percut Sei Tuan

Kapal Penyelundup Tabrak Kapal Patroli BC di Perairan Percut Sei Tuan

*Bea Cukai Barhasil Gagalkan Penyeludupan Puluhan Ton Bawang dari Malasya
Senin, 15 September 2014 10:26 WIB
SIB/Pally Simangunsong
BERAS SELUDUPAN: Sejumlah pekerja membongkar puluhan ton beras ketan dan bawang merah dari KM Abadi Jaya asal Malasya yang gagal diseludupkan ke Sumut melalui Perairan Percut, Minggu (14/9)
Belawan (SIB)- Petugas patroli Bea dan Cukai Sumut  menggagalkan upaya penyelundupan puluhan ton  bawang merah dan beras ketan atau pulut berasal  dari Pelabuhan Port Klang, Malaysia ke Sumatera Utara melalui Perairan Percut Sei Tuan/Rantau Panjang Kabupaten Deli Serdang, Minggu dini hari (14/9) sekira pukul 00.30 WIB.

Selain mengamankan Kapal Motor (KM) Abadi Jaya GT 25 No 2331 PPb petugas Kapal Patroli BC 9004 Sumut yang dikomandoi Kepala Seksi Penindakan, Novri juga mengamankan nahoda kapal kayu  asal Malaysia tersebut berikut 4 orang anak buah kapal  (ABK).

Keterangan lain yang diperoleh wartawan dari pihak BC Sumut di dermaga Bea dan Cukai Belawan menyebutkan, saat akan dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen muatan KM Abadi Jaya, kapal tersebut berupaya kabur dan nahoda berinisial DN (45) warga Tanjungbalai Asahan juga melakukan olah gerak yang tergolong membahayakan kurang lebih selama satu jam sampai akhirnya kapal kargo yang sarat dengan muatan barang ilegal asal luar negeri itu menabrak kapal patroli Bea dan Cukai, sehingga kedua badan kapal mengalami kerusakan.

Setelah dilakukan pemeriksan awal KM Abadi Jaya beserta muatan serta para awaknya digiring petugas ke dermaga BC Belawan.

Hingga Minggu sore sejumlah pekerja masih membongkar muatan KM Abdi Jaya untuk selanjutnya disimpan di gudang barang bukti BC Sumut.

Sedangkan nahoda beserta ABKnya menjalani pemeriksaan di Kantor BC Sumut.

Diperkirakan bawang merah asal Malaysia yang akan diselundupkan ke Sumut melalui perairan Percut tersebut sebanyak 24 ton dan beras ketan/pulut sebanyak 20 ton.

Sementara itu pihak BC Sumut  belum bersedia menyampaikan keterangan terkait digagalkannya upaya penyelundupan puluhan ton bawang merah dan beras ketan tersebut.(A11/c)
T#gs kapal
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments