Selasa, 10 Des 2019
  • Home
  • Headlines
  • Kabakamla Merapat ke Kemenko Polhukam, Bahas Terorisme di Laut

Kabakamla Merapat ke Kemenko Polhukam, Bahas Terorisme di Laut

redaksi Kamis, 21 November 2019 15:34 WIB
detikNews.com
Kabakamla Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman

Jakarta (SIB)
Kepala Badan Keamanan Laut (Kabakamla) Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman berkoordinasi dengan Menko Polhukam Mahfud Md soal ancaman di kelautan Indonesia. Taufiq berbicara terkait ancaman terorisme yang bisa masuk ke Indonesia.


"Tentu sebagai bawahan saya harus laporkan situasi Bakamla seperti apa, tugas-tugasnya, apa yang sedang dikerjakan, apa rencana ke depan dan sebagainya. Kita bicara secara keseluruhan apa sih tantangan kita itu, bukan tantangan Bakamla, tapi tantangan bagi negara kita itu apa," kata Taufiq kepada wartawan di kantor Menko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (20/11).


Taufiq juga menjelaskan soal keamanan di empat titik selat Indonesia. Selain itu, menurutnya, ada pembicaraan terkait hukum laut, aktivitas ilegal di lautan Indonesia, hingga permasalahan perbatasan maritim antara negara yang belum selesai.


"Fokus Bakamla ini untuk dukung pengamanan yang output-nya mendukung tugas poros maritim dunia dari sisi keamanan," ucap Taufiq.


Selain itu, Taufiq sempat menjelaskan soal bibit terorisme lewat maritim yang sudah mulai terlihat di Indonesia. Dia mengatakan bibit tersebut hanya bisa dihentikan dengan kerja sama antar-stakeholder dan antarnegara.


"Sebetulnya kita belum hadapi itu, tapi bibit ke arah sana sudah. Karena itu, antisipasi itu saya bangun kerja sama, saya bangun kerja sama dengan semua stakeholder di dalam. Kita juga tahu di laut kita punya ancaman yang sama. Kita punya isu yang sama dan kita nggak bisa hadapi sendiri," ungkapnya.


Taufiq juga sempat berbicara pola-pola terorisme maritim yang sudah mulai di Indonesia. Salah satunya penyelundupan senjata via jalur laut.


"Kalau sementara yang ada di dunia ya bagaimana dia selundupkan senjata terkait kebutuhan-kebutuhan, laut-laut kita yang sempit ini kemungkinan penyelundupan senjata juga luar biasa, maka tentunya saya ga bisa kerja sendiri," ujarnya.


Pertemuan dengan Mahfud Md ini dilaksanakan secara tertutup pada pukul 13.00 WIB. Koordinasi di kantor Menko Polhukam ini berlangsung hingga pukul 13.40 WIB. (detikcom/q)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments