Kamis, 21 Nov 2019
  • Home
  • Headlines
  • KPU Sumut dan Parpol Sepakat Hanya Gelar 6 Kali Kampanye Terbuka Mulai 16 Maret

KPU Sumut dan Parpol Sepakat Hanya Gelar 6 Kali Kampanye Terbuka Mulai 16 Maret

*Di Medan 8 Lapangan Ditetapkan Jadi Lokasi Kampanye
Rabu, 05 Maret 2014 09:42 WIB
Medan (SIB)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut sudah menetapkan zona kampanye setelah melakukan rapat penetapan jadual kampanye yang dimulai 16 Maret 2014 hingga 5 April 2014 setelah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan dan Penyusunan Jadual kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2014, dengan menghadirkan seluruh perwakilan 12 partai Politik (Parpol).

“KPU baik pusat maupun di daerah sejauh ini bersama seluruh Parpol telah menyetujui jadual kampanye terbuka yang dimulai pada 16 Maret hingga 5 April 2014. Jadi, semua partai dari tingkat provinsi selanjutnya menyampaikan kepada pengurus Parpol di tingkat kabupaten dan para Caleg",ungkap anggota KPU Benget Silitonga, Selasa (4/3/2014).

Dalam pelaksanaannya nanti, kata Benget Silitonga, KPU Sumut menegaskan kepada semua partai politik peserta Pemilu memiliki kesempatan sebanyak 7 kali untuk menggelar kampanye terbuka dalam bentuk rapat umum di Sumatera Utara. Seiring dengan perayaan hari raya Nyepi pada  31 Maret mendatang, membuat seluruh partai politik sepakat untuk tidak melaksanakan kampanye pada hari tersebut.

“Adanya perayaan Hari Raya Nyepi sesuai kesepakatan,  jadual kampanye ditiadakan, sehingga jumlah penyelenggaraan kampanye hanya sebanyak 6 kali," kata Benget.

Dalam pelaksanaannya nanti, kata Benget, akan melibatkan 4 partai politik di setiap zona dalam hari yang sama. Karena dalam pembagian jadual kampanye terbuka ini, mereka membagi 12 partai politik ke dalam 3 kelompok. Masing-masing kelompok akan melakukan kampanye secara serentak pada hari yang sama. Hal ini diikuti oleh kelompok berikutnya pada hari berikutnya hingga 6 kali putaran.

"Total jumlah masa kampanye selama 21 hari harus dimanfaatkan oleh setiap Parpol, masa kampanye tersebut mereka memiliki kesempatan hingga 6 kali melakukan kampanye terbuka.

Kota Medan Tetapkan 8 Lapangan Area Kampanye Terbuka

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menetapkan 8 zona kampanye untuk Pileg 2014 April mendatang yang dimulai sehari sebelumnya deklarasi kampanye damai. Pengumuman penetapan zona kampanye oleh KPU Medan sekaligus pembagian nomor urut serta lokasi kampanye kepada 12 partai politik peserta Pemilu 2014.

Ketua KPU Medan Yenni Chairiah Rambe mengatakan 8 zona kampanye ini sudah mewakili lima daerah pemilihan di Kota Medan. Jadual tersebut menyesuaikan jadual pelaksanaan kampanye terbuka yang dikeluarkan KPU RI.

Delapan lokasi kampanye itu yakni di Kecamatan Medan Kota yakni lapangan Bola Kaki, Kecamatan Medan Johor yakni lapangan Bola Kaki,  Kecamatan Medan Tuntungan di lapangan Bola Kaki Bunga Rinte, Kecamatan Medan Barat di lapangan Merdeka, Kecamatan Medan Helvetia di lapangan Bola Kaki, Kecamatan Medan Timur di lapangan Gajah Mada, Kecamatan Medan Marelan  di lapangan Rengas Pulau, dan Kecamatan Medan Belawan di lapangan Madem Lama.

Sementara, Ketua Panwaslu Medan Teguh Satria mengatakan setelah ditentukan waktu jadwal kampanye, semua partai diminta untuk mengikuti aturan main yang telah ditentukan. Sesuai Peraturan KPU 21, kampanye terbuka atau rapat umum mulai dilaksanakan pada 16 Maret hingga 5 April 2014. Setelah itu tanggal 6-8 April minggu tenang dan semua atribut kampanye Parpol harus dibersihkan.

"Semua partai harus mengikuti aturan, termasuk memberitahu pihak KPU, Polisi, Panwaslu pada saat akan melaklukan kampanye. kalau tidak, pelaksanaan kampanye yang dilaksanakan oleh Parpol dan Caleg itu dapat dibubarkan secara paksa",katanya. (Dik3/c)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments