Kamis, 14 Nov 2019
  • Home
  • Headlines
  • KPU Sosialisasi Sistem Hitung Suara Pemilu 2019 ke Perwakilan Capres

KPU Sosialisasi Sistem Hitung Suara Pemilu 2019 ke Perwakilan Capres

admin Sabtu, 19 Januari 2019 11:51 WIB
SIB/Ant/Reno Esnir
SOSIALISASI: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman (ketiga kiri) bersama Komisioner KPU Pramono Ubaid (kedua kiri), Hasyim Asy'ari (kiri), Ilham Saputra (ketiga kanan), Viryan (kedua kanan) dan Kepala Biro Teknis Hupmas Nur Syarifah (kanan)
Jakarta (SIB)-KPU menggelar sosialisasi sistem informasi perhitungan suara (Situng) untuk Pemilu 2019. Sosialisasi tersebut diharapkan bisa meningkatkan tingkat kepercayaan publik kepada KPU.

"Hari ini kita sosialisasi penggunaan sistem informasi penghitungan suara yang akan dipakai KPU di Pemilu 2019. Ini cara KPU untuk tunjukkan kerja-kerja kepemiluan yang profesional, berintegritas dan kualitas. Jadi Pemilu akan jadi kepercayaan publik," ucap Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (18/1).

Acara sosialisasi dihadiri oleh komisioner KPU, perwakilan parpol dan pasangan capres-cawapres. Selain itu, dihadiri juga perwakilan Bawaslu RI, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, dan juga institusi pendidikan seperti Universitas Indonesia, dan juga ITB.

Arief meminta setiap perwakilan lembaga yang datang dapat memberikan kritik dan sarannya. Dia juga meminta jika ada pertanyaan soal sistem perhitungan bisa diselesaikan bersama.

"Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 menyediakan ruang persoalan Pemilu termasuk perhitungan rekap hasilnya. Kalau ada keberatan proses hasil, saya ingin problem itu diselesaikan di ruangan yang sudah disediakan. Misal nggak percaya proses perhitungan Pemilu ada MK, nggak percaya proses Pemilu ada Bawaslu, nggak percaya dugaan penyelenggara bermasalah ada kode etik, ada DKPP," jelasnya.

Pemilu 2019 akan dilaksanakan pada 17 April 2019. Tahun ini, Pilpres dan Pileg akan dilakukan serentak. (detikcom/f)
T#gs KPU Sosialisasi Sistem Hitung Suara Pemilu 2019 ke Perwakilan Capres
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments