Jumat, 23 Agu 2019
  • Home
  • Headlines
  • KPU: Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta Lolos Tes Kesehatan

KPU: Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta Lolos Tes Kesehatan

* Debat Capres dan Cawapres Digelar 5 Kali
Minggu, 25 Mei 2014 20:29 WIB
Jakarta (SIB)- KPU akhirnya mengumumkan hasil tes kesehatan yang dilakukan bagi dua pasangan capres yang sudah mendaftar. Hasilnya, keduanya memenuhi syarat tes kesehatan.

"Hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim independen KPU bekerja sama dengan IDI dan RSPAD Gatot Subroto menyatakan, bahwa berdasarkan fakta pemeriksaan, kedua pasangan calon dinyatakan mampu menjalankan tugas-tugasnya sebagai presiden dan wakil presiden jika terpilih," kata ketua KPU Husni Kamil Manik.

Hal itu disampaikan dalam acara penyerahan hasil verifikasi berkas bakal pasangan capres dan cawapres di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakpus, Sabtu (24/5). Hadir dalam kesempatan itu perwakilan PAN, PKS, Golkar, Gerindra NasDem, PDIP, PKB dan PBB.

Menurut Husni, hasil pemeriksaan itu nantinya secara spesifik diserahkan kepada tim pasangan calon. KPU selanjutnya meminta tim pasangan calon untuk melengkapi dulu berkas persyaratan yang kurang dan menyerahkannya ke KPU.

"Hari Sabtu kami akan tetapkan (pasangan calon) dalam rapat pelno tertutup sesuai UU 42/2008 yaitu penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden," ucapnya.

 5 Kali Debat Capres dan Cawapres
Meski Pilpres masih pada masa pendaftaran, namun KPU telah mempersiapkan jadwal debat bagi pasangan capres dan cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2014. Debat akan digelar sebanyak 5 kali.

"Debat dilaksanakan 5 kali dengan ketentuan 2 kali untuk capres, 2 kali untuk cawapres dan 1 kali gabungan capres cawapres," ucap Komisioner KPU Sigit Pamungkas.

Debat itu akan disiarkan oleh 5 stasiun televisi nasional. Siang kemarin, KPU baru saja selesai mengundi 5 stasiun TV yang mendapat kesempatan menyiarkan tayangan debat tersebut.

"Secara umum pelaksanaan debat berdurasi 90 menit dan 30 menit untuk jeda komersil dengan tetap mengedepankan iklan layanan masyarakat pemilu," ujarnya.

Berikut jadwal penyelenggaraan debat capres dan cawapres dalam Pilpres 2014.

8 Juni 2014: Debat capres di SCTV. 15 Juni 2014: Debat cawapres di Metro TV. 22 Juni 2014: Debat capres di TV One 29 Juni 2014: Debat cawapres di RCTI 5 Juli 2014 (sekaligus penutupan masa kampanye pilpres): Debat pasangan capres-cawapres di Kompas TV dan TVRI.

Tak Dilarang Ubah Visi Misi
Pasangan bakal capres Joko Widodo-Jusuf Kalla berencana merevisi visi misi yang sudah diserahkan ke KPU saat pendaftaran. Komisioner KPU Juri Ardiantoro, mengatakan tak ada larangan kepada bakal capres cawapres untuk mengubah visi misi.

"Tidak dilarang. Tidak ada hal prinsip yang dilarang. Jangankan visi misi, mundur saja boleh," kata komisioner KPU Juri Ardiantoro.

Juri mengatakan, yang secara tegas dilarang dalam Undang-undang adalah menarik atau mengalihkan dukungan partai politik kepada pasangan calon.
"Untuk perbaikan berkas itu diserahkan tanggal 25-27 Mei," ucap mantan ketua KPU DKI Jakarta tu.

Hal senada disampaikan komisioner Ferry Kurnia Rizkiyansyah, menurutnya Undang-undang memang tidak mengatur tegas apakah visi misi yang sudah diserahkan boleh direvisi.

"Menurut saya boleh saja, tidak ada larangan. Hanya saja ini syarat pencalonan yang sudah diserahkan," ucap Ferry.

"Di Undang-undang tidak ada larangan, yang penting kan dilaksanakan," timpal komisioner lainnya Sigit Pamungkas mengamini. (detikcom/i)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments