Minggu, 17 Nov 2019
  • Home
  • Headlines
  • KPK Tahan Bupati Mesuji Tersangka Suap Proyek Infrastruktur

KPK Tahan Bupati Mesuji Tersangka Suap Proyek Infrastruktur

admin Sabtu, 26 Januari 2019 11:08 WIB
SIB/ANT/Rivan Awal Lingga
Bupati Mesuji Khamami mengenakan rompi tahanan seusai menjalani pemeriksaan terkait operasi tangkap tangan (OTT) kasus dugaan korupsi Bupati Mesuji di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1).

Jakarta (SIB)- KPK menahan Bupati Mesuji Khamami, yang merupakan tersangka kasus dugaan proyek infrastruktur di wilayahnya. Dia ditahan selama 20 hari pertama.

Khamami keluar dari gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (25/1) sekitar pukul 01.30 WIB mengenakan rompi tahanan warna oranye. Jakarta (SIB) Wakil Ketua KPK Laode M Syarif geram dengan indikasi korupsi di sektor sumber daya alam (SDA). Syarif menyebut korupsi pada sektor itu sudah menjadi-jadi dan kerap terulang. "KPK telah mengetahui korupsi banyak di SDA.

Kami melakukan studi. Kami sampai hari ini masih fokus untuk penyelamatan SDA karena itu masa depan Indonesia," ucap Syarif di Pusat Edukasi Antikorupsi atau Anti-Corruption Learning Center (ACLC), Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (25/1).

Syarif menyampaikan itu dalam diskusi bersama World Resources Institute (WRI Indonesia). Dia kemudian menyoroti izin usaha tambang yang berantakan di Indonesia. "Dari tambang, ada 10 ribu izin, yang punya NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) kurang lebih 3-4 ribu.

Bayangin, 10 ribu izin, yang bayar pajak kurang dari 4 ribu. Ke mana perginya?" gugat Syarif. "Ada uang kita triliun itu, itu piutang yang harusnya dibayar tapi kita nggak bisa tagih. Kita Tangan Khamami terlihat diborgol.

Dia hanya diam saat dibawa ke mobil tahanan. "KHM (Khamami) ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah. KPK menduga Khamami menerima suap senilai total Rp 1,58 miliar sebagai fee proyek pembangunan infrastruktur di wilayahnya.

Suap itu diterima Khamami secara bertahap. Selain itu, KPK menetapkan empat orang tersangka lainnya dalam kasus ini, yaitu Taufik Hidayat sebagai adik dari Khamami; Wawan Suhendra, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Mesuji; Sibron Azis sebagai pemilik PT Jasa Promix Nusantara dan PT Secilia Putri; serta Kardinal selaku swasta. (detikcom/l)

T#gs KPK Tahan Bupati Mesuji Tersangka Suap Proyek Infrastruktur
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments