Selasa, 11 Agu 2020
  • Home
  • Headlines
  • Jokowi Telepon Raja Salman, Ucapkan Selamat Idul Adha

Jokowi Telepon Raja Salman, Ucapkan Selamat Idul Adha

Minggu, 02 Agustus 2020 10:24 WIB
Foto: Kris-Biro Setpres

Presiden Jokowi menelepon Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud untuk secara khusus menyampaikan selamat Hari Raya Iduladha 1441 H. 

Jakarta (SIB)
Lewat telepon, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. Jokowi menelepon Raja Salman pada Jumat (31/7) petang.

"Saya dan rakyat Indonesia ingin menyampaikan selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H untuk Sri Baginda Raja dan seluruh rakyat Arab Saudi," kata Jokowi dalam siaran pers dari Sekretariat Presiden, Sabtu (1/8).

Jokowi juga menyampaikan rasa syukurnya bahwa Raja Salman telah pulih kembali dan kini dalam kondisi sehat. "Saya dan seluruh rakyat Indonesia mendoakan agar Sri Baginda Raja senantiasa diberkahi kesehatan," ujar Jokowi.

Dalam pembicaraan tersebut, Jokowi menyampaikan pujiannya atas penyelenggaraan ibadah haji tahun ini yang diadakan secara terbatas akibat pandemi.

"Kami juga mengapresiasi pengaturan penyelenggaraan ibadah haji yang dijalankan dengan protokol kesehatan secara ketat dan dengan mengedepankan kesehatan umat. Mari kita terus berdoa agar pandemi ini dapat cepat teratasi," ujar Jokowi.

Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, Jokowi mengajak Raja Salman terus meningkatkan hubungan baik kedua negara, termasuk kerja sama di bidang ekonomi. Raja Salman juga mengaku siap meningkatkan hubungan Arab Saudi dengan Indonesia.
"Bapak Presiden, insyaallah kami siap selalu untuk meningkatkan hubungan demi kebaikan dua negara," ujar Raja Salman kepada Jokowi.

2 Gelombang
Sementara itu, secara terpisah KJRI Perth bersama Komunitas Muslim Indonesia menyelenggarakan salat Idul Adha di Leisure Life Community Centre, Kent Street, Perth, Australia. Sesuai regulasi Pemerintah Australia Barat, kegiatan salat dibagi dalam dua sesi atau gelombang karena masih pandemi Corona.

Berdasarkan keterangan resmi dari KJRI RI di Perth, Jumat (31/7), pelaksanaan salat Idul Adha dihadiri oleh Konjen RI Perth, Dewi Gustina Tobing. Dalam sambutannya, Dewi menyampaikan pentingnya momentum Idul Adha 1441 H dijadikan sarana untuk memperkuat tali ukhuwah ummah di atas spirit Idul Adha.

Dijelaskan Dewi, spirit Idul Adha yakni empati kemanusiaan yang rela berkorban demi sesama, saling asih, asah, asuh, demi kebaikan Ummat, bangsa, dan negara tercinta.

Kegiatan perayaan Idul Adha oleh masyarakat Muslim Indonesia di Australia Barat juga diselenggarakan di beberapa lokasi yang berbeda, termasuk di Langford, dan South Perth. Masing masing lokasi membagi pelaksanaan salat ke dalam beberapa sesi.

Pelaksanaan perayaan Idul Adha dimungkinkan dengan pelonggaran restriksi oleh Pemerintah Australia Barat yang sudah memasuki fase ke-4. Pada fase 4, diatur kegiatan perkumpulan untuk menjaga jarak 2 meter persegi. Panitia membatasi maksimal 350 orang dengan sistem registrasi by online sebelum penyelenggaraan. (detikcom/d)

T#gs idul adhaJokowiRaja Salman
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments