Minggu, 08 Des 2019
  • Home
  • Headlines
  • Jokowi Tak Klaim Kemenangan, TGB: Upaya Hormati KPU

Jokowi Tak Klaim Kemenangan, TGB: Upaya Hormati KPU

admin Kamis, 18 April 2019 10:18 WIB
Tuan Guru Bajang (TGB)
Jakarta (SIB) -Capres Joko Widodo (Jokowi) tak mengklaim menang Pilpres 2019 meskipun unggul berdasarkan hasil quick count. Anggota Tim Kampanye (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), menyebut Jokowi menghormati kewenangan KPU.

"Itu bagian dari upaya Jokowi menghormati kewenangan KPU karena UU menegaskan bahwa yang mengumumkan siapa yang menang itu adalah wilayah KPU," kata TGB di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).

TGB menuturkan Jokowi-Ma'ruf saat ini menunggu hasil penghitungan suara versi KPU. Namun pihaknya, baik TKN maupun TKD, tetap mengumpulkan hasil penghitungan suara. "Ya tetap memantau seluruh perangkat, TKN juga memastikan para saksi mengamankan dokumen pemungutan suara karena kan ada pusat tabulasi juga kita untuk melihat penghitungan riil di lapangan," jelasnya.

Selain soal penghitungan suara, TGB bicara tentang potensi-potensi ancaman. Eks Gubernur NTB mengimbau semua pihak tidak melakukan hal-hal yang memicu ketegangan.

"Kalau sayang Indonesia, tidak perlu mengancam siapa pun dan apa pun karena ungkapan-ungkapan yang provokatif itu tidak akan membawa kemaslahatan untuk Indonesia, itu akan membuat bangsa kita akan mundur," ujar TGB.

Berdasarkan hasil tiga lembaga survei, pertama, Median, perolehan suara Jokowi-Ma'ruf sebesar 53,73%, Prabowo-Sandiaga 46,27%. Quick count Charta Politica Jokowi-Ma'ruf 54,35%, Prabowo-Sandiaga 45,65%. Kemudian quick count Indo Barometer Jokowi-Ma'ruf 54,17%, Prabowo-Sandiaga 45,83%. (detikcom/l)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments