Minggu, 05 Apr 2020

Jokowi Sudah Rampung Susun Kabinet

bantors Selasa, 15 Oktober 2019 09:39 WIB
Jokowi
Jakarta (SIB) -Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah rampung menyusun kabinet menteri pemerintah periode keduanya. Namun Jokowi belum mengumumkan kabinet menteri tersebut.

"Sudah (rampung menyusun kabinet)," kata Jokowi sebagaimana ditayangkan dalam video akun YouTube Sekretariat Presiden yang diakses, Senin (14/10).

Meski begitu, Jokowi merasa masih mempertimbangkan untuk mengumumkan kabinetnya saat pelantikan presiden. Tapi semua persiapan sudah dilakukan oleh Jokowi.

"Mungkin bisa hari yang sama dengan pelantikan, mungkin bisa sehari setelah pelantikan insyaallah semua sudah kita siapkan," kata Jokowi.

Formasi kabinet tersebut, sambung Jokowi masih bisa berubah setelah bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Jokowi memang telah bertemu SBY di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/10).
"Ya mungkin ada beberapa pertimbangan masih bisa," ucap Jokowi.

Sementara itu, politikus PKB Abdul Kadir Karding, meyakini Jokowi sudah menyusun kabinet pemerintah mendatang. Namun disebut Karding masih ada beberapa perubahan siapa dan jumlah kementerian apa.

"Saya menyakini bahwa rancangan komposisi kabinet ini pasti sudah tersusun. Walaupun itu tentu ada alternatif-alternatif di setiap kementerian mungkin ada satu-dua orang sebagai alternatif tetapi tentang siapa menduduki apa, siapa dari mana, lalu jumlah kementerian seperti apa sampai hari ini saya kira hanya Pak Jokowi yang mengetahuinya," kata Karding kepada wartawan, Senin.

Untuk pengumuman kabinet, Karding menyebut akan sulit jika dilakukan saat pelantikan presiden pada Minggu (20/10) nanti. Diyakini Karding kemungkinan pengumuman kabinet menteri Jokowi-Ma'ruf setelah pelantikan presiden.

"Soal kabinet kan sekali lagi merupakan hak prerogatif Presiden terpilih, jadi parpol hanya sebatas memberikan masukan dan ketika diminta mengajukan orang, maka ya diajukan," kata Arsul kepada wartawan.

Arsul Sani yang menjabat Wakil Ketua MPR RI mengatakan Jokowi sudah menyusun kabinet menteri, namun kemungkinan ada perubahan. KH Ma'ruf Amin sebagai Wapres terpilih 2019-2004 juga menyebut saat ini susunan kabinet masih disempurnakan.

"Penjelasan Pak Jokowi saya kira sudah clear bahwa beliau telah merampungkan susunan kabinetnya, namun ya tetap terbuka ada perubahan. Yang disampaikan Pak KMA (KH Ma'ruf Amin) saya kira harus dipahami dalam konteks ini," ucap dia.

Meski begitu, Arsul mengaku hanya Jokowi yang mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengumukan kabinet menterinya.
"Soal pengumumannya juga Presiden hanya menyampaikan dalam waktu 1-2 hari setelah pelantikan. Tepatnya kapan tentu Pak Jokowi yang tahu pastinya," jelas Arsul. (detikcom/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments