Minggu, 22 Sep 2019
  • Home
  • Headlines
  • Jokowi Ingin RI-Afrika Saling Bantu Soal Pembangunan Infrastruktur

Dialog Infrastruktur

Jokowi Ingin RI-Afrika Saling Bantu Soal Pembangunan Infrastruktur

admin Rabu, 21 Agustus 2019 10:41 WIB
Ant/Nyoman Budhiana
DIALOG INFRASTRUKTUR: Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutannya pada pembukaan Dialog Infrastruktur Indonesia-Afrika 2019 di Nusa Dua, Bali, Selasa (20/8). Kegiatan selama dua hari tersebut dihadiri oleh delegasi dari 53 negara Afrika untuk berdiskusi tentang berbagai potensi kerjasama bisnis bidang infrastruktur dengan Indonesia.
Badung (SIB) -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi pembicara kunci pada dialog infrastruktur Indonesia-Afrika di Nusa Dua, Bali. Jokowi ingin agar kemajuan Indonesia di bidang infrastruktur turut dirasakan negara-negara Afrika.

Jokowi mulanya memamerkan pembangunan infrastruktur yang sudah dilakukan pemerintahannya. Dia mengatakan dalam 5 tahun ini pemerintah telah memberi perhatian besar dalam pembangunan infrastruktur.

"782 km jalan tol telah kita bangun dalam 5 tahun ini, 3.887 jalan umum nasional dibangun, belum lagi jalan provinsi dan kabupaten. Serta jalan desa yang dibangun lebih dari 191 ribu kilometer," kata Jokowi di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Kawasan Wisata Nusa Dua, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Selasa (20/9) pukul 17.10 Wita.

"Kemudian 15 bendungan besar dan 945 embung, 21.500 liter perdetik air minum layak telah disediakan, 3.000 hektare penanganan kawasan kumuh perkotaan dilakukan, 9,87 juta KK sanitasi dan persampahan, 7 pos lintas batas negara jg telah dibangun, serta 3,5 juta unit rumah dibangun 5 tahun ini," lanjut Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, bagi Indonesia pembangunan infrastruktur dilakukan untuk mencapai banyak tujuan. Infrastruktur dapat mempersatukan bangsa dan mempererat kebhinekaan di Indonesia yang memiliki 17 ribu pulau.

"Infrastruktur yang memperbaiki pemerataan pembangunan dan menjangkau daerah-daerah terluar kami. Infrastruktur juga yang meningkatkan konektivitas untuk memperbaiki disparitas harga dan kesenjangan ekonomi. Infrastruktur demi mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Untuk itu, kepada para delegasi, Jokowi menyatakan keinginannya agar infrastruktur yang sudah dirasakan rakyat Indonesia juga dirasakan masyarakat Afrika. Dia ingin Indonesia bersama Afrika meningkatkan konektivitas infrastruktur dan ekonomi.

"Indonesia ingin bersama Afrika melakukan lompatan-lompatan kemajuan. Indonesia ingin bersama Afrika merasakan pembangunan yang merata dan menjangkau daerah-daerah terluar. Indonesia ingin bersama Afrika meningkatkan konektivitas untuk memperbaiki disparitas harga dan kesenjangan ekonomi," tuturnya.

"Indonesia ingin meningkatkan konektivitas infrastruktur dan ekonomi dengan benua Afrika. Kami siap bekerja sama. Indonesia siap berbagi pengalaman dan saling membantu untuk pembangunan infrastruktur," imbuh Jokowi. (detikcom/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments