Sabtu, 19 Okt 2019
  • Home
  • Headlines
  • Jokowi: Pilih Baju Putih, karena Putih Adalah Kita

Kampanye Perdana di Banten

Jokowi: Pilih Baju Putih, karena Putih Adalah Kita

admin Senin, 25 Maret 2019 09:44 WIB
Ant/Asep Fathulrahman
KAMPANYE TERBUKA JOKOWI: Capres nomor urut 01 Joko Widodo (tengah) melayani permintaan swafoto dengan warga saat tiba di Stadion Maulaya Yusuf untuk menghadiri Kampanye Terbuka di Ciceri, Serang, Banten, Minggu (24/3). Pada kampanye yang dihadiri ribuan kader dan simpatisan sejumlah parpol pengusungnya Jokowi menyatakan pihaknya optimistis bisa memenangkan suara secara telak dalam pemilihan presiden mendatang.
Serang (SIB) -Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) memberikan orasi politiknya di acara kampanye terbuka di Lapangan Ciceri, Serang, Banten, Minggu (24/3). Jokowi mengajak masyarakat Banten untuk memilihnya.

Seperti diketahui pada Pilpres 2014, pasangan Jokowi-JK kalah di Banten dengan selisih suara yang cukup signifikan.

"Hari Rabu Tanggal 17 April jangan lupa ajak teman-teman kita, saudara kita untuk memilih yang baju putih, pilih yang bajunya putih karena putih adalah kita. Udah jelas semuanya, jelas semuanya," ajak Jokowi dalam orasinya.

Massa menyambut ajakan Jokowi itu sengan serentak mengatakan Jokowi menang secara berulang-ulang. Dengan serentak massa pun juga terlihat mengibarkan bendera-bendera partai koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dalam kesempatan itu Jokowi mensosialisasikan program-programnya. Seperti tiga kartu andalannya ikut disosialisasikan oleh Jokowi.

"Ada namanya kartu pra-kerja itu untuk anak-anak kita akan dilatih, dilakukan training baikdi luar maupun dalam negeri dengan jumlah besar. Untuk apa? Agar anak-anak kita semuanya bisa bekerja," kata Jokowi.

Kuncinya ada di sini, setelah dapat pelatihan training namun masih belum dapat kerja, nanti akan dikasih insentif honor dari kartu ini, tapi ada batas waktunya," sambungnya.

Kenudian ada Kartu Kuliah untuk masyarakat berkuliah dibiayai pemerintah. Dan Kartu Sembako untuk menjamin harga kebutuhan pokok masyarakat tetap terjangkau melalui potongan-potongan harga pada kartu tersebut.

Jokowi juga mempraktikkan cara memilih presiden di tempat pemungutan suara (TPS). Ia memilih dirinya sendiri dan mensimulasikan mencoblos serta memasukkan ke kotak suara.

Joko Widodo menyapa ribuan pendukung yang sudah menunggu di jalan protokol Kota Serang dengan naik kereta kuda. Jokowi diantar ribuan pendukungnya dari Alun-alun Kota Serang.

Jokowi terlihat mengenakan pakaian khasnya, yakni kemeja putih dan celana hitam. Titik awal arak-arakan mulai dari alun-alun dan berakhir di stadion Maulana Yusuf.

Jokowi sejak bergerak dari alun-alun dikawal ribuan simpatisannya. Terlihat beberapa tukang becak ikut mengiringi Jokowi menuju titik kampanye akbar.

Sementara, massa dari partai pendukung menunggu di pinggir jalan untuk menyambut capres petahana itu lewat. Sesekali, Jokowi melempar kaos bergambar dirinya dan Ma'aruf Amin.

Teriakan 'hidup Jokowi' menggema saat Jokowi melewati kerumunan massa yang sudah menunggu. Panggung parpol koalisi juga terlihat berdiri di pinggir jalan.

Iring-iringan ribuan massa pendukung capres-cawapres 01 berjejer sepanjang kurang lebih 1 km.

Sebanyak 2.000 personel kepolisian dikerahkan untuk mengamankan jalannya kampanye. "Sekitar 2.000 personel dengan 2 lokasi pengamanan yang pertama alun-alun, dan sepanjang rute yang dilalui (Jokowi-Ma'ruf), dan Stadion Maulana Yusuf," kata Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumardi saat dimintai konfirmasi wartawan, Minggu (24/3).

Polda Banten juga menerjunkan tim Gegana untuk mensterilkan wilayah kampanye Akbar. Edy menambahkan, jalur yang akan dilalui Jokowi-Ma'ruf juga akan dijaga ketat oleh petugas.

Untuk pengamanan, polisi memprioritaskan arak-arakan massa pendukung Jokowi-Ma'ruf dari alun-alun ke titik kampanye akbar di Stadion Maulana Yusuf. Nantinya setiap orang yang masuk area stadion akan diperiksa petugas.

"Gegana tetapkan tugasnya untuk mensterilisasi dan tugas pemantauan dia. Jadi setiap orang yang masuk ke stadion melalui pintu security door itu dilakukan pemeriksaan barang bawaan, badan juga diperiksa oleh polwan bersama dengan yang lain," kata dia.

PDIP PERKUAT BASIS SUARA
PDI Perjuangan memulai kampanye terbuka pertama di wilayah Tangerang, Banten. "Kami akan memulai dengan kampanye kreatif di Kota Tangerang, di alun-alun kota Tangerang tersebut dengan menghadirkan seluruh komponen partai, relawan dan juga tokoh masyarakat untuk bersama-sama memulai dengan cara yang positif.

Kami mulai dengan senam ibu-ibu mensana in corpore sano," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (24/3).

Hasto mengatakan Banten merupakan wilayah asal Ma'ruf Amin. Dia pun optimistis Jokowi-Ma'ruf menang tebal di Banten.
"Ingin memperkuat wilayah Banten yang merupakan asal dari Kiai Haji Ma'ruf Amin dan dalam basis kultural daerah-daerah ini kita bersama dengan Golkar yang menguasai medan sehingga dengan bekerjasama dengan partai koalisi kami akan semakin optimis dengan memberikan sentuhan pertama ini Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin akan menang tebal dan tentu saja diikuti oleh partai Koalisi Indonesia Kerja lainnya," tutur dia.

Hasto mengatakan kampanye PDIP menyajikan kuliner khas Nusantara. Sebuah makanan kesukaan Gus Dur akan dihadirkan dalam kampanye itu.

"Kami akan hidangkan promosi Kuliner Nusantara resep nasi goreng Ibu Megawati Soekarno Putri yang sangat digemari oleh Gus Dur. Nanti kami akan share kepada seluruh publik bagaimana nasi goreng Bu Mega itu. Setiap masyarakat bisa mencicipi," ungkap Hasto.

Setelah acara kampanye PDIP usai, PDIP akan berlanjut mengikuti kampanye akbar Jokowi-Ma'ruf Amin di lapangan Cicere, Serang.

Di sana disebut Hasto ada orasi politik dari Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Thohir.

Sekretaris TKN itu mengatakan kampanye akbar pasangan Jokowi-Ma'ruf di Banten itu digelar untuk meningkatkan suara di wilayah tersebut. Diketahui pada pemilihan presiden sebelumnya, Jokowi sempat kalah di wilayah itu dengan cukup telak. (R1/detikcom/d)
T#gs Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) JokowiKampanye Perdana di Banten
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments