Senin, 21 Okt 2019
  • Home
  • Headlines
  • Jokowi: Penanganan Masalah Papua Dialog dalam Koridor Otsus

Jokowi: Penanganan Masalah Papua Dialog dalam Koridor Otsus

admin Rabu, 04 September 2019 12:23 WIB
detikcom
Jakarta (SIB) -Presiden Jokowi menegaskan pemerintah mengedepankan pendekatan dialogis dalam penyelesaian masalah di tanah Papua. Pendekatan dialogis itu akan dilakukan dalam koridor otonomi khusus (otsus).

"Pendekatan yang dilakukan pemerintah tetap sama, yaitu pendekatan dialogis, dengan membangun trust, kepercayaan masyarakat Papua," kata Jokowi dalam diskusi bersama Forum Pemred di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/9).

Jokowi mengatakan pemerintah tak semata-mata membangun infrastruktur di Papua. Pembangunan infrastruktur bertujuan membuka akses demi penanganan berbagai masalah, salah satunya gizi buruk.

Pemerintah, sambung Jokowi, juga membangun infrastruktur demi kebanggaan masyarakat Papua, di antaranya perbatasan yang bagus. Namun, lebih dari itu, pembangunan yang dikerjakan pemerintah adalah demi kemajuan Papua.

"Program yang menyentuh hajat hidup orang banyak ada BBM satu harga, itu nggak ada hubungannya dengan pencitraan. Itu semata-mata untuk rakyat Papua," ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan komitmen pemerintah untuk pemberdayaan ekonomi rakyat Papua. Dia juga menegaskan komitmen Pemerintahannya untuk melaksanakan otsus Papua.

"Pendekatan dialogis dalam koridor otsus," tutur Jokowi.

Ajak Makan Siang
Sementara itu, Presiden Jokowi mengundang warga Nduga dan Yapen, Papua, untuk santap siang bersama. Warga yang diundang merupakan pemenang festival Gapura Cinta Negeri.

Jokowi menerima warga Papua tersebut di Istana Negara, Jakarta. Jokowi tampak berbincang dengan warga Nduga dan Yapen yang diterimanya di Istana.

Jokowi, yang mengenakan kemeja putih, menerima warga Papua tersebut yang juga berkostum putih dengan hiasan khas Papua di kepala atau biasa disebut topi rumbai.

Acara santap siang bersama Jokowi itu kemudian berlangsung tertutup.

Diketahui, guna menyambut perayaan HUT ke-74 RI, pemerintah menggelar festival Gapura Cinta Negeri. Pada Senin (2/9) kemarin, Jokowi sempat memberikan hadiah kepada 10 pemenang kategori umum, 3 pemenang dari kategori lembaga (instansi/perusahaan/organisasi), dan 1 pemenang dari kategori penerima apresiasi.

Warga Yapen yang menghadiri undangan makan siang bersama Jokowi tersebut diketahui menjadi pemenang dari kategori umum. Sedangkan warga Nduga yang hadir dalam makan siang tersebut merupakan pemenang dari kategori khusus atau penerima apresiasi. (detikcom/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments