Kamis, 19 Sep 2019

Indonesia Berkabung

Jokowi: BJ Habibie Selalu Berikan Solusi

admin Kamis, 12 September 2019 09:43 WIB
Ant/M Risyal Hidayat
JENAZAH BJ HABIBIE : Prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengangkat peti jenazah almarhum Presiden ke-3 RI, BJ Habibie menuju mobil ambulans di Rumah Jenazah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9). BJ Habibie meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSPAD.
Jakarta (SIB) -Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie wafat. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya.

Sebelum meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, tempat Habibie dirawat.

Diketahui, Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Keponakan Habibie, Rusli Habibie, menyebutkan bahwa seluruh keluarga dekat sudah dipanggil dan berkumpul di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

"Kondisinya seperti kemarin lagi. Semua keluarga sudah dipanggil terutama anak-anak beliau, sudah di tempat," ujar Rusli, saat ditemui di RSPAD Gatot Soebroto.

"Baik Mas Ilham, Mas Thareq sudah ada. Kakak dan adiknya sudah lengkap. Keponakan dan anak cucu sudah dikumpulin tadi," kata Gubernur Gorontalo itu.

Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam dan ginjal.

Dari RSPAD Gatot Soebroto, jenazah dibawa ke rumah duka di Kuningan.

Pantauan di RSPAD Gatot Soebroto, peti jenazah BJ Habibie dibawa keluar pada pukul 20.07 WIB.

Peti jenazah BJ Habibie tampak diselimuti bendera Merah-Putih dan ditandu hingga masuk ke mobil jenazah. Tahlil mengiringi momen tersebut.

Sejumlah tokoh dan politikus tampak di RSPAD. Terpantau ada Gubernur DKI Anies Baswedan, Ketua MPR Zulkifli Hasan, hingga Ali Mochtar Ngabalin.

Pengibaran Bendera Setengah Tiang
Pemerintah menetapkan hari berkabung nasional dan mengajak masyarakat mengibarkan bendera setengah tiang atas penghormatan kepada BJ Habibie.

Ajakan ini disampaikan lewat surat Nomor B-1010/M.Sesneg/Set/TU.0 yang ditandatangani oleh Mensesneg Pratikno. Surat itu ditujukan kepada para pimpinan lembaga negara, Gubernur Bank Indonesia, para menteri, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, kepala daerah, hingga perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Pengibaran bendera setengah tiang diimbau dilakukan selama 3 hari hingga 14 September 2019. Tiga hari tersebut ditetapkan sebagai Hari Berkabung Nasional.

Sebelumnya, hal itu juga sudah diungkapkan Pratikno di kantor Setneg. Selain masyarakat, kantor dan lembaga negara diminta mengibarkan bendera setengah siang. Baik di dalam maupun luar negeri.

"Kita akan menetapkan berkabung nasional selama tiga hari, jadi nanti sampai 14 September, kami imbau masyarakat dan kantor lembaga negara, lembaga pemerintah dalam dan luar negeri mengibarkan bendera setengah tiang," kata Pratikno.

Pimpin Upacara Pemakaman
Presiden Jokowi rencananya memimpin upacara pemakaman hari ini.

"Presiden memerintahkan kepada saya mempersiapkan semua yang diperlukan, memfasilitasi keluarga, termasuk malam ini, termasuk upacara besok kami koordinasi dengan Garnisun disiapkan dua tempat pemakaman di sebelah Almarhum Ainun di slot 120-121. Besok upacara akan dipimpin oleh Bapak Presiden. Mohon doanya saja," kata Pratikno.

Pratikno mengatakan Jokowi mengikuti perkembangan Habibie selama masa perawatan.

Berikan Solusi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dukacita mendalam atas kepergian BJ Habibie. Jokowi mengenang BJ Habibie sebagai sosok yang selalu memberikan solusi atas persoalan bangsa.

"Selalu setiap persoalan-persoalan yang ada di negara kita, baik yang berkaitan dengan persoalan ekonomi, persoalan kebangsaan, beliau selalu langsung menyampaikan solusinya, jalan keluarnya, kadang sering beliau datang ke Istana, negarawan yang patut kita jadikan contoh dan suri teladan dalam berkehidupan," kata Jokowi di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Jokowi mendoakan keluarga yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan. Dia juga berharap semua orang dapat melanjutkan cita-cita BJ Habibie.

"Semoga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, diberikan kesabaran, dan bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan Bapak Prof BJ Habibie semasa hidupnya," ujarnya.

Jokowi memuji sosok Habibie sebagai ilmuwan kelas dunia dan bapak teknologi Indonesia.

"Bapak Habibie dikenal sebagai seorang ilmuwan kelas dunia, bapak teknologi Indonesia, Presiden Republik Indonesia ketiga," kata Jokowi.

Dia mengatakan Habibie sebagai sosok yang menjadi teladan. Jokowi menyampaikan rasa dukacita atas nama rakyat Indonesia.
"Saya atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah menyampaikan duka yang mendalam, menyampaikan belasungkawa mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah Bapak Prof BJ Habibie," ujarnya.

Sampaikan Dukacita
Ucapan belasungkawa terus mengalir dari para tokoh atas meninggalnya BJ Habibie. Wapres Jusuf Kalla (JK) menyampaikan dukacita atas meninggalnya presiden ke-3 RI itu.

"Wakil Presiden RI, M Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah JK, menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak BJ Habibie, Presiden RI ke 3," tulis JK di akun Instagram-nya.

Dalam postingannya, JK turut menampilkan fotonya bersama BJ Habibie. Tampak Habibie berjalan beriringan dengan JK. Keduanya tampak memakai batik dan peci hitam.

JK sendiri diketahui datang menjenguk Habibie sehari sebelum meninggal di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).
Kehilangan Negarawan Inspiratif

Ketua MPR Zulkifli Hasan merasa kehilangan meninggalnya BJ Habibie. Zulkifli mengatakan Indonesia kehilangan tokoh inspiratif bangsa.

"Bangsa Indonesia kehilangan tokoh negarawan, guru kita, inspirasi kita. Ayah kita pada hari ini," ujar Zulkifli di RSPAD Gatot Soebroto.

"Saya tadi sudah rombongan teman-teman mau takziah habis magrib rencananya, tapi dapat berita dalam perjalanan beliau sudah meninggalkan kita," imbuhnya.

Zulkifli mendoakan amal ibadah BJ Habibie diterima di sisi Allah SWT. Dia mengenang BJ Habibie sebagai tokoh yang berjasa buat bangsa.

"Saya bersaksi beliau banyak jasanya. Saya bersaksi beliau orang baik. Mari kita doakan agar dilapangkan jalannya," ujarnya.
Kehilangan Sahabat Akrab

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sangat berdukacita atas meninggalnya BJ Habibie. Megawati menyebut Indonesia kehilangan sosok pemimpin yang amat inspiratif.

"Bangsa Indonesia kehilangan sosok pemimpin inspiratif yang tidak pernah mengenal lelah memberikan semangat dan inspirasi agar putra-putri Indonesia berjuang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai kunci kemajuan bangsa," kata Megawati Soekarnoputri dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan almarhum BJ Habibie merupakan sosok yang menjadi sahabat Megawati. Dia mengatakan Habibie dan Megawati sangat akrab.

"Ibu Megawati Soekarnoputri mengenang almarhum bukan hanya sebagai sahabat. Kedua pemimpin tersebut sangatlah akrab. Banyak momentum kebersamaan mereka. Bahkan dalam berbagai forum, nampak keakraban di antara mereka," kata Hasto.

"Dalam salah satu pertemuan makan siang, Ibu Mega begitu terkesan dengan semangat Pak Habibie di dalam mewujudkan mimpi beliau terhadap pentingnya penguasaan teknologi guna menjawab berbagai tantangan Indonesia sebagai negara kepulauan dengan penduduk terbesar keempat di dunia," imbuh Hasto.

Megawati menginstruksikan keluarga besar PDI Perjuangan memberikan penghormatan terbaik dan meneladani kehidupan BJ Habibie. Selain itu, Mega mendoakan Habibie meninggal dalam keadaan baik.

"Ibu Megawati juga mengharapkan agar pemerintahan Presiden Jokowi dapat memberikan penghormatan terbaik kepada sosok yang menjadi ikon mimpi anak bangsa yang begitu gandrung pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemajuan bangsanya," tutur Hasto.

Prabowo Berduka
Ketum Gerindra Prabowo Subianto juga menyampaikan belasungkawa atas wafatnya BJ Habibie. Atas nama pribadi dan ketum partai, Prabowo menyampaikan duka.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Saya atas nama pribadi dan keluarga besar partai @Gerindra mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya Presiden Republik Indonesia ke-3 Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie. Semoga ditempatkan di sisi Allah SWT. Aamiin YRA," tulis Prabowo dalam akun Twitter-nya.

Sedangkan, Putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, menyatakan jantung sang ayah akhirnya menyerah.

"Meninggal karena sudah menua, kemarin kan saya katakan gagal jantung karena penuaan," kata Thareq di RSPAD.
Thareq mengatakan jantung BJ Habibie yang sebelumnya telah 'berjuang' akhirnya menyerah.

"Organ-organ melemah menjadi tidak kuat lagi. Pukul 18.05 jantungnya dengan sendiri menyerah sampai titik akhir. Saya ada di situ," kata Thareq. (Kps.com/detikcom/q/t/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments