Senin, 23 Sep 2019

Jalan Medan-Berastagi Macet Sampai Dua Kilometer

admin Minggu, 07 Juli 2019 11:39 WIB
MACET: Arus lalulintas di Jalan Jamin Ginting Medan-Berastagi dan sebaliknya mengalami kemacetan sampai dua kilometer, Sabtu (6/7).
Sibolangit (SIB) -Arus lalulintas di Jalan Jamin Ginting tujuan Medan-Berastagi dan sebaliknya mengalami kemacetan cukup panjang, Sabtu (6/7). Tampak ribuan kendaraan terjebak macet sepanjang dua kilometer lebih.

Ramainya arus lalulintas di jalur itu diduga karena adanya festival bunga dan buah di Taman Mejuah-juah Kota Berastagi dan juga banyaknya kendaraan peserta Pesta Iman Anak dan Remaja Piara (Piara) yang meninggalkan RC Sukamakmur, Kecamatan Sibolangit karena even itu telah selesai.

Pantauan SIB, kemacetan tersebut terjadi disebabkan banyak pengendara tidak sabar dan saling mendahului (jalur berlapis).

Kanit Lantas Polsek Pancurbatu Iptu Sehat Sinulingga mengatakan, arus lalulintas di jalan nasional tersebut bisa tidak macet, asal pengendara yang melintas tidak saling mendahului.

"Yang membuat arus lalulintas terganggu karena para sopir angkutan umum dan mobil pribadi saling mendahului sehingga kendaraan yang datang dari Medan dan dari Berastagi menumpuk di depan gerbang RC Sukamakmur. Sementara, kendaraan peserta Piara mulai meninggalkan lokasi acara," kata Sinulingga.

Kendaraan yang datang dari Medan mulai mengantri sepanjang dua kilometer dari kawasan Sembahe, Kecamatan Sibolangit. Sedangkan kendaraan yang datang dari Berastagi mulai mengantri sepanjang dua kilometer dari tikungan Amoi, Desa Bandarbaru.

"Ya panjangnya antrian kendaraan sepanjang dua kilometer dari lokasi acara Piara," sebut Iptu Sehat Sinulangga sembari menambahkan pihaknya dibantu 16 personil dari Polrestabes Medan guna mengatasi arus lalulintas.

Sementara Camat Sibolangit Febri Gurusinga SSTP MSP mengatakan arus lalulintas mulai macet dari pukul 17.00 WIB, Jumat (5/7). Dari amatan Febri, pengendara saling mendahului sehingga menumpuk di depan pintu keluar RC Sukamakmur.

Sementara, kemarin malam penutupan acara Piara. Ditambah lagi jumlah kendaraan pengunjung guna menghadiri pembukaan acara festival bunga dan buah di Taman Mejuah-juah Berastagi.

"Ya cukup banyak kendaraan yang keluar masuk dari lokasi RC Sukamakmur. Dan sore inipeserta piara yang jumlah 12.000 lebih mulai meninggalkan lokasi dan kembali ke daerahnya masing-masing," ungkapnya.

Namun demikian, kata Febri, pihak FKDM dan pemuda setempat turun membantu Polri guna mengatur arus lalulintas dan mengimbau pengendara yang telah melakukan jalur berlapis. (M17/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments