Minggu, 18 Agu 2019
  • Home
  • Headlines
  • Insan Pers Banyak Membantu Pemerintah Menginformasikan Kondisi Humbahas

Bupati Dosmar Banjarnahor:

Insan Pers Banyak Membantu Pemerintah Menginformasikan Kondisi Humbahas

admin Kamis, 18 Juli 2019 09:05 WIB
Dosmar Banjarnahor
Humbahas (SIB) -Insan Pers sebagai mitra pemerintah, banyak membantu Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dalam memperoleh informasi termasuk saran dan masukan baik secara tulisan maupun lisan.

Melalui informasi yang mereka peroleh itulah Pemkab dapat mengetahui kondisi terkini Humbahas dan informasi ini menjadi dasar untuk mengambil kebijakan untuk pembangunan di daerah itu.

Hal itu disampaikan oleh Sekdakab Humbahas Tonny Sihombing saat membacakan sambutan Bupati Dosmar Banjarnahor pada acara temu pers di Aula Hutamas Doloksanggul, Selasa (16/7).

Lebih lanjut Tonny menyampaikan, bahwa Pemkab Humbahas sebagai badan publik yang memiliki kedudukan strategis dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan, wajib menerapkan keterbukaan informasi publik dalam rangka terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik.

"Ada undang-undang yang menjadi landasan bagi setiap badan publik dalam melayani masyarakat yang membutuhkan informasi. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dengan keterbukaan informasi, masyarakat menjadi lebih aktif dan turut serta dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa Pemkab Humbahas sangat berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik, dan banyak yang sudah dilaksanakan dalam bidang pembangunan fisik maupun non fisik.

"Semua yang kami lakukan ini akan tidak bergaung jika rekan-rekan kami insan pers tidak mempublikasinya, yang tentu dengan dasar UU No 40 tahun 1999 tentang pers serta kode etik wartawan," katanya.

Ditambahkan, pihaknya juga menyadari bahwa antara pemerintah dan warga masyarakat memerlukan komunikasi, dan yang dapat menghubungkan keduanya, salah satunya adalah media yang di dalamnya terdapat peran penting insan pers.

"Tidak mungkin ada demokrasi tanpa adanya kebebasan pers. Sebaliknya pula hanya dalam negara demokrasi, pers akan menemukan kebebasan. Pers tidak hanya menyampaikan berita, pers juga merupakan media penyampai pendapat, kritik dan saran untuk memperbaiki kehidupan masyarakat, bangsa dan negara," pungkasnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo dalam laporannya menyampaikan, maksud dan tujuan dari acara itu adalah dalam rangka meningkatkan hubungan kemitraan yang sinergis antara Pemkab Humbahas dengan wartawan yang bertugas di daerah itu. Selain itu sebagai ajang silaturahmi dan penyatuan pemikiran untuk kemajuan daerah itu pada umumnya.

Berikutnya sebagai forum diskusi seputar tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di lingkungan Pemkab Humbahas dengan insan pers. (BR8/f)
T#gs Bupati Humbahas Insan Pers Pemkab HumbahasDosmar Banjarnahor
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments