Jumat, 03 Apr 2020
  • Home
  • Headlines
  • IDI Medan Imbau Dokter Hentikan Sementara Operasi di Rumah Sakit

IDI Medan Imbau Dokter Hentikan Sementara Operasi di Rumah Sakit

redaksisib Kamis, 26 Maret 2020 10:39 WIB
cleanlink

Ilustrasi

Medan (SIB)
Mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Medan mengimbau dokter menghentikan sementara layanan operasi terjadwal di rumah sakit.

IDI Medan juga meminta kepada seluruh masyarakat, termasuk para dokter dan unsur kesehatan agar dapat terus stay at home (tetap berada di rumah).

Ketua IDI Cabang Medan, dr Wijaya Juwarna SpTHT-KL mengaku hal ini perlu dilakukan, mengingat proses penyebaran Covid-19 yang sangat cepat, khususnya di Kota Medan.

"Mengingat proses penyebaran yang sangat cepat, kita mengimbau kepada siapapun baik masyarakat maupun dokter dan unsur kesehatan untuk 'stay at home' minimal untuk 14 hari ke depan," kata dr Wijaya Juwarna kepada wartawan, Rabu (25/3).

Namun begitu, Wijaya menegaskan, kecuali keluar untuk keperluan membeli kebutuhan pokok ataupun yang membutuhkan layanan kesehatan untuk kasus kegawatdaruratan, hal ini masih tetap diperbolehkan.

Karenanya, kata dia, terhadap kasus yang tidak emergency untuk sementara lebih baik ditunda dulu. "Operasi sebaiknya (hanya) untuk kasus emergensi atau gawat darurat yang sifatnya tidak bisa ditunda saja," jelasnya.

Selain itu, terutama pada masyarakat yang memiliki usia 55 tahun ke atas, kata Wijaya, sebaiknya jangan ke luar rumah terlebih dahulu. Apalagi jika ternyata orang tersebut memiliki riwayat penyakit seperti diabetes mellitus (DM).

"Karena jika memiliki DM atau diabetes maka akan dapat semakin memperberat penyakitnya," sebut dr Wijaya Juwarna mengakhiri.
Menanggapi hal ini, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Maik yang merawat pasien Covid-19, pasien kanker dan lainnya mengaku masih melakukan pelayanan operasi.

"Masih (lakukan operasi-red). Kami belum ada mengeluarkan edaran seperti itu," kata Kasubag Humas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak MIKom. (M17/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments