Minggu, 08 Des 2019

Gunung Sinabung Semburkan Abu Setinggi 7 Km

* Wisatawan Terpesona
admin Senin, 10 Juni 2019 09:26 WIB
SIB/Marlinto Sitohang
ERUPSI: Gunung api Sinabung erupsi lagi, didokumentasikan dari Desa Ergaji saat menyemburkan abu setinggi 7000 meter (9460 Mdpl), Minggu (9/6).
Tanah Karo (SIB) -Gunung Sinabung kembali erupsi. Minggu (9/6) sekira pukul 16.28 WIB, Gunung Sinabung menyemburkan abu setinggi lebih kurang 7 Km.

Menurut pengamat Gunung Sinabung Armen Putra, kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah Selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 9 menit 17 detik. "Terjadi awan panas ke arah Tenggara sejauh 3,5 Km dan ke Selatan 3 Km serta terdengar suara gemuruh sampai ke pos pengamatan Gunung Api Sinabung," katanya.

Ditambahkan, saat ini Gunung Sinabung berada pada status level III (siaga) dengan rekomendasi supaya masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi. Kemudian, lokasi di dalam radius 3 Km dari puncak, serta radius sektoral 5 Km untuk sektor Selatan-Timur dan 4 Km untuk sektor Timur-Utara.

Sementara, jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Warga juga dihimbau mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik agar tidak cepat rusak. "Untuk masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," katanya.

TERPESONA
Sementara itu, erupsi Gunung Sinabung tersebut tidak membuat wisatawan takut. Bahkan wisatawan yang berada di kota wisata Berastagi sekitar Bukit Gundaling mengaku terpesona melihat langsung erupsi.

"Baru kali ini melihat langsung erupsi Sinabung. Selama ini hanya melihat dari media sosial, koran atau televisi. Indah juga rupanya, pas seperti yang digaungkan wisata vulkanologi. Anak-anak dapat melihat langsung. Jika ada tugas di sekolah atau PR, tentu sudah bisa dikerjakan, karena sudah melihat. Seolah praktek. Padahal tadi nggak disangka bisa lihat erupsi itu," ujar wisatawan asal Medan Andri Winata didampingi sejumlah keluarganya kepada wartawan, Minggu (9/6) petang.

Di tempat terpisah, akibat erupsi Sinabung di Tiga Binanga terjadi hujan pasir selama sejam. Hal tersebut dikatakan warga Tiga Binanga, Kuala Ginting dan Bonha Sebayang. Menurut mereka, erupsi Gunung Sinabung ini terlihat cukup tinggi dan sangat jelas terlihat dari Tiga Binanga.

"Hujan abu cukup tinggi sehingga warga sulit untuk keluar rumah," kata Ginting. (K02/BR2/d)
T#gs Gunung Sinabung
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments