Rabu, 20 Nov 2019

Putaran Kedua Pilkada Taput Kamis 6 Maret Hari Libur

Gubsu Imbau Masyarakat Memilih Tanpa Politik Uang

*Hari Ini Logistik Sampai ke Seluruh TPS, *Polres Taput Tempatkan Satu Personil Tiap TPS
Rabu, 05 Maret 2014 09:33 WIB
Medan (SIB)- Gubsu H Gatot Pujo Nugroho menetapkan, Kamis 6 Maret 2014, adalah hari yang diliburkan untuk masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Pasalnya di hari itu, digelar pemungutan suara putaran pemilihan bupati dan wakil bupati Taput putaran kedua.

Penetapan hari libur itu tertuang dalam SK Gubsu Nomor 188.44/143/KPTS/tahun 2014 tertanggal 3 Maret. SK ini telah dikirimkan kepada Bupati Taput, KPU Taput, Panwaslu Taput untuk disebar seluas-luasnya kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Gubsu melalui Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama (Otda) Setdaprovsu Jimmy P Pasaribu, kepada wartawan di kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Selasa (4/3/2014).

Terkait hari pemungutan suara sebagai hari libur, tambahnya, Gubsu meminta agar seluruh instansi mematuhinya agar masyarakat bisa leluasa menggunakan hak pilih.

Demikian juga instansi teknis, seperti rumah sakit dan lainnya, diminta untuk menyesuaikan jam kerja, yang pada prinsipnya tidak mengganggu proses pemungutan suara.

Kemudian untuk instansi dan lembaga di kabupaten tetangga, diminta juga agar memberi kelonggaran kepada warga Taput yang bekerja di sana agar bisa ikut menggunakan hak pilih.

Gubsu pun, kata Jimmy, menghimbau masyarakat menggunakan hak suaranya untuk memilih pasangan calon bupati dan wakil bupati Taput lima tahun ke depan sesuai hati nutani atau tanpa unsur politik uang.

Selain itu, diminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Taput selaku penyelenggara, demikian juga Panwaslu selaku yang mengawasi, benar-benar menyelenggarakan dan mengawasi pemungutan suara secara jujur, bebas dan demokratis. "Harus independen, jangan sampai memihak ke salah satu pasangan”, ujarnya.

Secara khusus juga diimbau kepada semua unsur penyelenggara pemerintahan di Taput, agar turut mendorong suksesnya pemungutan suara dan tetap mengedepankan nilai-nilai demokratis pada pemungutan suara.

Diharapkan juga agar penyelenggara pemerintahan mendukung sepenuhnya independensi KPU menyelenggarakan pemungutan suara, seraya turut mendorong masyarakat datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih demi suksesnya Pilkada Taput.

"Termasuk kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda, sangat diharapkan agar juga turut mengawal sekaligus mensukseskan pelaksanaan pemungutan suara putaran kedua," sebutnya.

Dikatakan, Pemprovsu akan menurunkan tim guna melihat serta mengawal secara langsung agar pemungutan suara benar-benar berlangsung secara demokratis.

"Tujuan kita adalah satu, agar didapat pemimpin Taput yang benar-benar lahir dari mekanisme demokrasi yang jujur, bebas dan bertanggung jawab. Selamat memilih dan tetap kedepankan semangat Dalihan Na Tolu untuk kemajuan Taput," tukasnya.

Logistik

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapanuli Utara Lamtagon Manalu memastikan seluruh logistik Pilkada Taput putaran kedua sampai ke seluruh TPS, hari ini Rabu (5/3). Pendistribusian logistik Pilkada itu, kata dia, sudah sampai ke tingkat PPK, Selasa (4/3).

“Logistik sudah sampai ke tingkatan PPK . Rabu (hari ini) seluruh logistik akan sampai ke 627 TPS. Ada beberapa TPS di Kecamatan Parmonangan yang susah dijangkau jika cuaca buruk. Untuk mencapainya butuh waktu sekira 4 jam dengan berjalan kaki,” jawab Lamtagon kepada SIB, Selasa (4/3).

Pendistribusian logistik Pilkada Taput putaran kedua itu, dilakukan dalam pengawasan ketat, baik dari Panwaslu Taput maupun dari aparat kepolisian agar sampai ke tujuan masing-masing. Selain pendistribusian logistik, KPU Taput melalui jajarannya juga sudah menyampaikan formulir C6-KWK-KPU (undangan memilih) sejak 28 Februari 2014 sampai 4 Maret 2014.

Sebelumnya, Ketua KPU Taput mengatakan, untuk formulir C6 yang tidak sampai kepada pemilih, akan ditarik dari petugas PPK atau PPS. Namun, bagi warga yang tidak memiliki formulir C6, sepanjang sudah terdaftar dalam DPT tetap dapat memberikan hak suara dengan menunjukkan identitas diri berupa KTP, SIM bahkan surat tardidi. Bagi yang tidak terdaftar dalam DPT namun penduduk Taput yang sudah berusia 17 tahun saat 10 Oktober 2013 lalu, dapat memilih dengan menunjukkan KTP dan KK.

Dua hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Taput putaran kedua, situasi di Kota Tarutung maupun Siborong-borong terlihat kondusif seperti biasa. Pergeseran pasukan pengaman Pilkada dari luar Tapanuli Utara, juga memberikan dampak kondusif jelang Pilkada putaran kedua nanti.
Satu Personil

Kapolres Taput AKBP Verdy Kalele  menegaskan, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Taput putaran kedua 6 Maret, pihaknya menempatkan satu personil pengamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kita menempatkan satu personil pengamanan di setiap TPS untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pelaksanaan Pilkada putaran kedua,” tandas Kapolres kepada wartawan, usai apel pelepasan personil pengamanan di lapangan Serbaguna Tarutung, Senin, (3/3).

Namun demikian, Kapolres mengakui ada tujuh TPS yang jauh dari jangkauan ditempatkan dua personil per TPS.

Kapolres menambahkan, selain menempatkan satu personil di setiap TPS, pihaknya juga menyiapkan pasukan pengamanan berlapis dengan menyiagakan pasukan  dari Brimob Polda Sumut, dari satuan Dalmas serta pasukan patroli yang bertugas memantau setiap perkembangan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Taput Lamtagon Manalu  mengatakan, pihaknya sudah siap melaksanakan Pilkada Taput putaran kedua.

Ia mengatakan, seluruh logistik Pilkada putaran kedua juga sudah disalurkan hampir ke seluruh kecamatan. “Logistik sudah di salurkan ke 13 Kecamatan, tinggal dua Kecamatan lagi dan besok sudah selesai semua didistribusikan,”ucapnya. (E2/E3/A16/c/r)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments