Minggu, 27 Sep 2020
  • Home
  • Headlines
  • Gubsu: Kemenhut Sudah Tawarkan Untuk Pengungsi Sinabung Relokasi 20 Km dari Pemukiman

Gubsu: Kemenhut Sudah Tawarkan Untuk Pengungsi Sinabung Relokasi 20 Km dari Pemukiman

Selasa, 28 Januari 2014 11:21 WIB
SIB/Int
Gubsu H Gatot Pujonugroho ST MSi
Medan (SIB)- Menteri Kehutanan RI sudah menawarkan sebuah lokasi untuk warga pengungsi Gunung Sinabung, dengan berjarak 20 km dari lokasi pemukiman penduduk yang telah ditinggalkan.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubsu Gatot Pujo Nugroho, pada wartawan Senin (27/1) di Wisma Benteng Medan.

"Menteri Kehutanan sudah menawarkan daerah relokasi untuk pengungsi Gunung Sinabung dengan jarak 20 km. Relokasi ini adalah hunian sementara untuk radius 3 km, mengingat masyarakat di sana itu masih memiliki pertanian tanah garapan dan lahan peternakan, dan buah-buahan. Kalau nantinya Sinabung (Gunung) sudah tidak erupsi lagi, mereka masih bisa menggarap. Alhamdulillah, kemarin Pak Presiden menyatakan bahwa lahan yang diperlukan 25 hektare. Tapi yang ada sekarang ini baru 15 hektare. Jadi tugas kami dari provinsi mencari lahan yang tinggal 10 hektare lagi," bebernya.

Pencarian lahan ini, sambung Gatot, dibawah pengawasan BNBD. Untuk masalah kekurangan lahan, Pemprovsu masih terus melakukan supervisi. "Jadi dari bupati, camat, dan seluruh SKPD optimis akan mendapatkan lahan dari 5-7 km dari radius yang ditentukan. Lahan ini sudah dilaporkan pada Bapak Presiden," ujarnya.

Ketika disinggung, apakah pembukaan lahan ini akan berdampak pembukaan lahan hutan, Gatot, mengatakan bahwa hutan tidak akan sampai dibuka. "Untuk relokasi ini, tidak sampailah membuka lahan hutan. Karena kita sudah mempersiapkan dan ini sudah dilaporkan pada Bapak Presiden," tegasnya. (A16/f)

T#gs GubsuRelokasi
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments