Rabu, 23 Sep 2020
  • Home
  • Headlines
  • Gubernur SU: Yang Memakai Oknum ASN itu Sumut,Bukan KASN

KASN Rekomendasikan Pengaktifan Antony Sinaga

Gubernur SU: Yang Memakai Oknum ASN itu Sumut,Bukan KASN

redaksi Selasa, 19 November 2019 10:31 WIB
Kompas.com
Edy Rahmayadi

Medan (SIB)
Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN & RB) merekomendasikan kepada Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, agar mengaktifkan kembali Antony Sinaga ke jabatannya, yaitu Kepala Bidang Perijinan Infrastruktur, Ekonomi dan Sosial pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu Sumut.


Rekomendasi itu tertuang dalam surat Nomor B-2818/KASN/8/2019 tentang Rekomendasi atas Pengaduan Dugaan Pelanggaran dalam Pemberhentian dari Jabatan atas nama Antony Sinaga di lingkungan Pemprov Sumut tanggal 26 Agustus 2019, yang ditandatangani oleh Ketua KASN Sofian Effendi.


Pasalnya menurut KASN, putusan Gubernur yang mencopot Antony, tidak sesuai dengan tata cara atau prosedur penanganan hukuman disiplin sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN.


KASN juga menjelaskan, alasan pencopotan Antony dari jabatannya karena unsur pelanggaran etika dan disiplin PNS, tidak memiliki landasan yang kuat karena Antony sebelumnya tidak pernah dipanggil ataupun diperiksa pihak Pemprov Sumut.


Namun saat dikonfirmasi kepada Gubernur terkait surat itu, Edy Rahmayadi hanya mengatakan, nanti dirinya akan mempelajari dulu surat dari KASN tersebut. "Karena yang memakai oknum ASN itukan sini, bukan KASN. Dia (Antony) sudah tiga kali pindah dari dinas atau tempat yang berbeda. Kalau tidak cocok dengan komandannya, berarti orangnya yang salah itu. Mau KASN kek, mau apa kek, kalau pekerjaan kita terbengkalai bisa repot kita," katanya.


Gubernur pun tidak memberikan penjelasan lebih lanjut perihal rekomendasi KASN itu. Namun sebelumnya, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut, Syahruddin Lubis, menyebutkan rekomendasi KASN itu sudah ditindaklanjuti Gubernur.

Namun tindak lanjut itu masih berproses hingga saat ini. "Sudah dan sedang kita tindak lanjuti. Hanya saja memang tidak semudah itu membalikkan Antony ke jabatan eselon III, masih ada proses. Kita juga sudah bilang ke Pak Antony agar bersabar," ujarnya.


Sebelumnya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, dalam Keputusan Gubsu Nomor 821/2019 tertanggal 17 Juni 2019, mencopot Antony Sinaga dari jabatan Kepala Bidang Perijinan Infrastruktur, Ekonomi dan Sosial pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu Sumut menjadi fungsional di Badan Kesbangpol Sumut. (M11/d)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments