Sabtu, 20 Jul 2019

Man City Kembali Pimpin Klasemen

Gol Cepat Fodden Kunci Kemenangan atas Tottenham

MU Wajib Kerja Keras di Kandang Everton
admin Minggu, 21 April 2019 09:35 WIB
premierleague.com
CETAK GOL: Pemain Manchester City Phil Foden mencetak gol pertamanya di Premier League saat menghadapi Tottenham Hotspur di Etihad Stadium, Sabtu (20/4). City menang 1-0.
Manchester (SIB) -Gol tunggal Phil Foden membawa Manchester City menaklukkan Tottenham Hotspur 1-0 pada pekan ke-35 Liga Inggris di Stadion Etihad, Sabtu (20/4). Gol penyerang berusia 18 tahun itu pun sekaligus mengantarkan Man City (86 poin) ke puncak klasemen, menggeser Liverpool (85 poin).

Racikan Guardiola dalam laga ini terbukti ampuh. Phil Foden yang menjadi starter pun bermain cukup baik dan mencetak gol. Bek Oleksandr Zinchenko juga tampil kokoh di barisan belakang. Mereka bermain begitu percaya diri terlebih City sudah unggul cepat sejak menit kelima.

City mampu mendominasi laga dengan penguasaan bola hingga 65 persen. Aguero dan kawan-kawan sukses melepas 10 peluang untuk mencetak gol, sementara Tottenham hanya mendapat kesempatan 7 peluang.

Meski demikian, Tottenham terlebih dahulu membangun serangan di awal laga. Diawali pergerakan Son Heung-Min di sisi kiri yang dituntaskan sepakan kaki kiri ke pojok atas gawang, namun masih bisa ditepis Ederson.

Berbeda dengan City, serangan pertamanya justru berbuah gol saat laga berjalan lima menit. Bernardo Silva mengirimkan umpan ke depan gawang. Di sana ada Sergio Aguero yang menyundul bola ke sisi kanan dan disambut kepala Phil Foden untuk mencetak gol.
Unggul satu gol, City lebih banyak memainkan bola di tengah. Tottenham berusaha merebut untuk balik menyerang. Upaya dari Christian Eriksen dan Son masih gagal di pertahanan City.

City balik menyerang. David Silva nyaris mencetak gol andai sepakannya tak digagalkan Gazzaniga. Dua kali sepakan Silva digagalkan sang kiper. Babak pertama usai dengan skor 1-0.

Setelah turun minum, City kembali menguasai permainan. Aguero terus merepotkan barisan pertahanan Tottenham. Begitu pun Leroy Sane yang kemudian masuk menggantikan Aguero. Umpan Sane menit ke-72, berhasil disontek Sterling. Sayang, bola masih menyentuh kaki Gazzaniga.

Selanjutnya, Tottenham belum mau menyerah. Peluang terbaik Tottenham didapat melalui kaki Lucas Moura. Lepas dari kawalan, Moura gagal menjinakkan Ederson di kotak penalti. Hingga laga usai, skor tidak berubah.

Susunan Pemain:
Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, John Stones, Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko; Kevin De Bruyne, Ilkay Gundogan, Phil Foden; Bernardo Silva, Sergio Aguero, Raheem Sterling.

Tottenham Hotspur (3-4-1-2): Paulo Gazzaniga; Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen; Juan Foyth, Dele Alli, Eric Dier, Ben Davies; Christian Eriksen; Son Heung-min, Lucas Moura.

MU Wajib Kerja Keras
Sementara itu, Everton akan menjamu Manchester United (MU) di Goodison Park, Minggu (21/4) pukul 19.30 WIB. MU wajib mengamankan tiga poin bila ingin terus berjuang menembus empat besar di akhir musim.

MU baru saja disingkirkan Barcelona di perempatfinal Liga Champions. Sudah saatnya fokus kini di Liga mengingat MU (64 poin) masih berada di posisi 6 klasemen sementara.

MU sudah bisa memainkan Alexis Sanchez dan Nemanja Matic di laga ini. Alexis Sanchez, yang turun sebagai pemain pengganti di laga menghadapi Barcelona, diharapkan Ole Gunnar Solskjaer dapat membantu Manchester United finis di empat besar.
Meski demikian, sang pelatih mengungkapkan timnya harus kerja keras. Dia ingin para pemainnya mulai sadar dengan kualitas mereka masing-masing.

"Saya telah belajar banyak tentang mereka selama berbulan-bulan di sini. Sebagian besar dari mereka memiliki sikap yang mengesankan. Tetapi beberapa pemain harus sadar dengan posisi mereka," kata Solskjaer.

Solskjaer juga menjelaskan bahwa dirinya sudah berbicara dengan beberapa pemain yang sulit tampil bagus belakangan ini.

"Siapa pun yang bermain untuk Manchester United harus tampil bagus. Anthony tidak berbeda dengan Rashy (Marcus Rashford) atau Rom (Romelu Lukaku) atau Alexis (Sanchez) atau banyak pemain depan yang harus kita pilih dan itulah bagusnya. Sekarang tergantung pada para pemain dan tanggung jawab yang mereka ambil," ucapnya.

Everton yang kini di urutan 9 dengan 46 poin, tentunya bukan lawan yang mudah. Everton sempat meraih tiga kemenangan beruntun atas Chelsea, West Ham dan Arsenal, meski akhirnya tumbang di kandang Fulham.

"Yang memberi kami kepercayaan diri, adalah mengetahui apa yang bisa kami lakukan sebagai tim. Semua yang bisa saya lihat di pemain dan apa yang bisa kami lakukan selama pertandingan memberi saya kepercayaan diri," ujarnya.

"Kami sangat menghormati Manchester United dan kualitas mereka, tetapi kami bermain di kandang, untuk mencoba memenangkan pertandingan. Saya 100 persen yakin (dapat memenangi laga), jika kami berada di level terbaik kami, itu akan sulit bagi Manchester United," kata Marco Silva, dikutip laman resmi Everton.

Dari head to head di lima pertemuan terakhir, MU memang unggul dengan 3 kali menang. Dua laga lainnya berakhir seri. Laga ini diprediksi bakal ketat dengan skor akhir 1-1. (R21/berbagai sumber/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments