Kamis, 21 Nov 2019

Kinerjanya Dinilai Gagal Dongkrak PAD

Dirut PT Perkebunan Sumut Jarang Ngantor ?

* PT Perkebunan Sumut Tak Punya Humas ? , * Minta Gubsu Segera Ganti Dirut
Rabu, 05 Maret 2014 10:10 WIB
Sib/Danres Saragih
Kantor PT Perkebunan Sumut terlihat lengang ketika dikunjungi wartawan SIB, Selasa (4/3).
Medan (SIB)- Ketua FPD (Fraksi Partai Demokrat) DPRD Sumut Drs Tahan M Panggabean MM mendesak Gubsu H Gatot Pujonugroho ST mengganti Dirut PT Perkebunan Sumut, karena BUMD tersebut dianggap telah gagal mendongkrak PAD (Pendapatan Asli Daerah), sehingga setorannya ke APBD Sumut pada TA 2014 mengalami penurunan sebesar 20,53 persen.

Sementara ketika SIB dua kali bertandang ke kantor Direktur Utama PT Perkebunan Sumut, Darwin Nasution, Senin dan Selasa (3-4/3) dengan maksud menanyai tanggapannya, cuma mendapati Kantor PT Perkebunan Sumut yang berlokasi di Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan ini, tampak sepi. Dirut tak ada di kantor, humas juga disebut tak pernah ada.

Satpam PT Perkebunan mengatakan, Selasa (4/3) Dirut PT Perkebunan tidak masuk kantor, karena melayat karyawan yang meninggal di Binjai.

“Hari Senin dan hari ini, Dirut tidak masuk kantor, hari ini mungkin langsung melayat karyawan kami yang meninggal di Binjai. Memang Dirut akhir-akhir ini jarang masuk kantor, kebanyakan tugas luar. Kalau dihitung-hitung dalam seminggu lalu hanya 2 kali dirut masuk kantor, itupun tidak menentu masuknya,” ujar Abdul Rahman Satpam yang menyetop SIB di Pos Satpam.

Ketika diminta bertemu Humas saja, Abdul mengatakan, Humas di PT Perkebunan hingga saat  ini tidak ada, yang ada hanya Sekretaris, Keuangan. Sedangkan Humas tidak pernah ada. Abdul juga mengatakan, semua staf tidak berada di kantor karena ikut melayat ke Binjai. Yang ada hanya karyawan biasa, itu pun tidak tau apa-apa tentang kinerja Dirut.

Pantauan SIB, Selasa (4/3) kantor PT Perkebunan Sumut kelihatan sepi. Kendaraan hanya 3 mobil yang tampak parkir.

Mengecewakan

Seperti sebelumnya, Kinerja Dirut PT Perkebunan disebut sangat mengecewakan, Ketua FPD DPRDSU mencatat pada TA 2014 ini terjadi penurunan setoran ke APBD Sumut sebesar 20,53 persen. Padahal pada TA 2013 tercatat setoran BUMD itu sebesar Rp 305 miliar lebih. Tapi pada TA 2014 menurun menjadi Rp 242 miliar lebih.

Ini mengindikasikan telah terjadi penurunan kinerja BUMD milik Pempropsu, sehingga Gubsu perlu segera mengganti pimpinannya,” tegas Tahan Panggabean kepada wartawan, Minggu (16/2) di Medan.

Seharusnya, tambah anggota dewan Dapil Sumut 2 ini, keberadaan PT Perkebunan Sumut harus menjadi salah satu motor penopang PAD guna menyongsong kesiapan pemerintah daerah Sumut untuk mewujudkan visi misi Sumut menjadi propinsi berdaya saing menuju Sumatera Utara sejahtera. Tapi faktanya di lapangan, justru perusahaan itu tetap tidak bisa mendongkrak PAD, tapi sebaliknya terus mengharapkan “suntikan” dana segar (penyertaan modal) dari APBD.

“Ini mengisyaratkan, para pengendali PT Perkebunan Sumut kurang maksimal bekerja dalam peningkatan produksi dan profit  serta mendukung kemandirian keuangan daerah, sehingga mengalami penurunan setoran ke APBD Sumut. Karenanya, FPD mendesak Gubsu untuk bertindak tegas dengan sesegera mungkin mengganti Dirut PT Perkebunan Sumut dan menunjuk penggantinya yang lebih enerjik dan berinovatif dalam menggali sumber-sumber PAD,” tegas Tahan.

Menurut Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumut itu, di era persaingan yang ketat saat ini dibutuhkan figur-figur pemimpin yang mau bekerja secara maksimal untuk memajukan PT Perkebunan Sumut dalam menggerakkan pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat melalui pendapatan asli daerah secara maksimal, agar visi misi Gubsu/Wagubsu bisa terealisasi.  

“Jika pemimpin BUMD hanya pasrah kepada rutinitas semata, kita perlu mengingatkan Gubsu selaku wakil pemegang saham Pempropsu untuk segera mengambil langkah-langkah konkrit, agar BUMD tersebut tidak secara terus-menerus meminta penambahan modal, hanya dikarenakan tidak maksimalnya para pimpinan mengendalikan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan itu,” tegas Tahan lagi. (A4/A19/x)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments